Pendidikan & Kesehatan

Tak Ada Penyakit Bawaan, 4 Pasien Covid-19 di Ponorogo Sembuh

Virus Corona Covid-19

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 4 pasien Covid-19 di Ponorogo sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Ya, oleh tim dokter yang menangani, mereka sudah dinyatakan sembuh. Pasalnya 2 test Swab terakhir berturut-turut hasilnya negatif. Selain itu dalam pemeriksaan juga tidak ada peunemoni di paru-paru mereka.

“Selain 2 Swab terakhir hasilnya negatif, 4 orang ini juga tidak ada infeksi di paru-parunya. Jam 4 sore tadi, mereka sudah diperbolehkan untuk pulang,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Senin (1/6/2020).

Mereka yang sembuh hari Senin ini, terdiri dari 3 orang dari kluster temboro dan satu orang yang merupakan pegawai salahbsatu bank di bumi reyog. Setelah diperbolehkan pulang, tidak serta merta mereka leluasa untuk beraktivitas sehari-hati seperti sebelumnya. 4 orang itu harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari lagi di rumah masing-masing. “Mereka yang sembuh ini masih muda, umurnya belum ada 45 tahun dan berstatus orang tanpa gejala (OTG),” kata Ipong.

Pasien Covid-19 ini, progres penyembuhannya relatif lebih cepat jika usianya dibawah 45 tahun. Selain itu, yang bersangkutan juga tidak mempunyai penyakit bawaan. Ipong menyebut jika pasien Covid-19 yang meninggal di Indonesia itu, rata-rata mempunyai penyakit bawaan.

Maka dari itu, Ipong menghimbau bagi masyarakat yang berusia 45 tahun keatas untuk selalu disiplin terhadap protokol penanggulangan Covid-19. Selalu jaga jarak dan keluar selalu pakai masker. Kalau tidak ada perlu yang mendesak ataupun penting, mending berada di rumah saja. Secara kumulatif jumlah pasien Covid-19 di Ponorogo yang sudah sembuh ada 13 orang. Sisanya masih ada 17 orang masih positif dan satu lagi meninggal dunia.

“Sebanyak 16 pasien saat ini menjalani isolasi di rumah sakit. Sedangkan satu orang menjalani isolasi mandiri di rumah. Sebab ibu yang berstatus OTG ini, masih punya anak kecil yang tidak bisa Dia tinggalkan,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar