Pendidikan & Kesehatan

Tak Ada Pasien RSJ Menur yang Terjangkit Covid-19

RSJ Menur

Surabaya (beritajatim.com) – Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya, dr H Moch Hafidin Ilham Sp An memastikan tidak ada pasien gangguan kejiwaan yang terjangkit Covid-19 di RSJ Menur.

RSJ Menur memang telah ditunjuk oleh Gubernur Khofifah sebagai salah satu tempat perawatan pasien Covid-19 di Surabaya. Dr Ilham mengatakan bahwa di RSJ Menur disiapkan gedung khusus untuk merawat dan mengobati pasien rujukan Covid-19.

Gedung Penanganan Covid-19 tersebut terpisah dengan gedung perawatan pasien gangguan mental. Gedung Penanganan Covid-19 RSJ Menur dilengkapi dengan 100 bed bertekanan negatif dan pasien di rawat oleh tenaga medis yang kompeten.

“Sesuai arahan Bu Gubernur ada 100 kasur. Semuanya tekanan negatif. Nakes yang betugas pun semuanya kompeten dan menggunakan APD lengkap,” ujar dr Ilham kepada beritajatim.com, Senin (4/5/2020).

Di RSJ telah menangani 28 pasien per hari ini. Sebanyak 22 pasien di antaranya berstatus positif dan 6 lainnya PDP yang menunggu hasil tes swab.

“28 per hari ini, 22 yang positif sisanya menunggu hasil swab,” tambahnya.

Semua pasien itu pun berasal dari rujukan dan dipastikan bukan pasien gangguan mental RSJ Menur.

“Gedungnya berbeda dan terpisah jadi Insya Allah tidak mempengaruhi aktivitas pasien gangguan mental. Dan tidak ada pasien gangguan mental yang terinfeksi Covid-19. Belum ada dari pasien asli sini, jangan sampai ada lah,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa RSJ Menur tidak menjadi pusat karantina warga yang terkena razia saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

“Ndak, tidak dibawa ke sini (RSJ Menur, red) tapi dibawa ke PPSDM,” katanya.

Serta ia menambahkan bahwa tidak ada orang gila yang terrazia saat PSBB yang terjangkit Covid-19.

“Juga tidak ada orang gila yang kena razia terus terinfeksi Covid-19 yang kami rawat di sini. Tidak ada satu pun pasien Covid-19 kami yang memiliki gangguan mental, semua normal bermental sehat,” pungkasnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar