Pendidikan & Kesehatan

Tahapan PPDB 2021 Jenjang SMP di Jombang Dimulai 2 Mei

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang Agus Purnomo

Jombang (beritajatim.com) – Warga Jombang yang hendak mendaftarkan anaknya masuk sekolah jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) harus segera bersiap. Pasalnya, tahapan PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) 2021 dimulai pada 2 Mei mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang Agus Purnomo, Senin (19/4/2021). “Kami sudah siap menggelar PPDB tingkat SMP. Secara umum, aturannya tidak terlalu berbeda dengan tahun sebelumnya,” kata Agus.

Agus menjelaskan, pendaftaran dibagi menjadi 2 periode. Rinciannya, periode pendataan yang dimulai 2 Mei sampai dengan 12 Juni 2021. Kemudian periode seleksi yang akan dilaksanakan 24 Juni sampai dengan 28 Juni 2021.

“Kemudian, tanggal 13 Juni sampai dengan tanggal 23 Juni akan dilaksanakan simulasi aplikasi PPDB periode seleksi. PPDB tahun ini menggunakan empat jalur. Yakni jalur zonasi, afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan jalur prestasi,” ujar mantan Kepala Bagian Hukum Setdakab Jombang ini.

Pada tahap pendataan, lanjut Agus, calon peserta didik melakukan pendataan dengan cara melengkapi isian data diri secara online pada menu pendataan, termasuk mengisi titik koordinat. “Calon peserta didik dapat mengunggah semua dokumen yang dimiliki sesuai dokumen pendukung pada jalur pendaftaran PPDB,” sambungya.

Agus memastikan bahwa pelaksanaan PPDB 2021 di Jombang mengedepankan azas objektif, transparan, dan akuntabel. Objektif artinya bahwa PPDB bagi peserta didik baru harus memenuhi ketentuan-ketentuan umum. Sedangkan transparan artinya pelaksanaan PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orangtua atau wali peserta didik.

“Hal tersebut untuk menghindari penyimpangan yang mungkin terjadi. Akuntabel artinya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, mulai dari proses, prosedur maupun hasilnya,” pungkas Agus Purnomo. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar