Pendidikan & Kesehatan

Tahap I Sediakan 21.000 Dosis, Dinkes Jamin Stok Vaksin Sumenep Aman

Pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Kota Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Sumenep menjamin ketersediaan vaksin selama pelaksanaan percepatan vaksinasi 5.000 orang per hari.

“Untuk stok vaksin di Sumenep Insya Allah aman. Untuk tahap pertama, kami sudah siapkan 21.000 dosis vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono, Kamis (17/06/2021).

Ia menjelaskan, untuk vaksinasi massal, awalnya ditargetkan 3.000 orang per hari, dengan asumsi per kecamatan 1.000 orang. Dengan demikian, stok 21.000 vaksin tersebut diperkirakan akan mencukupi kebutuhan selama 1 minggu.

“Tapi karena ini ada perubahan jumlah yang divaksin dari 3.000 menjadi 5.000 per hari sesuai instruksi Presiden, maka kami akan mengajukan tambahan pengiriman vaksin untuk Sumenep. Insya Allah akan terpenuhi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan pertambahan jumlah target vaksinasi, maka pihaknya juga harus menambah jumlah vaksinator. “Saat ini vaksinator tidak hanya dari Dinkes, tetapi juga ada vaksinator dari Polres dan Kodim Sumenep,” terangnya.

Ia menambahkan, percepatan vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Apalagi disebut-sebut ada varian baru yakni virus delta India yang sudah masuk Madura. “Tidak perlu saya sebutkan di daerah mana, toh di berita-berita sudah disebut. Karena itu, kami yang di Sumenep ini perlu menjaga agar virus strain baru itu tidak masuk ke Sumenep,” ucapnya. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar