Pendidikan & Kesehatan

Tahap Awal, Kabupaten Malang Bakal Terima 10.556 Vaksin

Malang (beritajatim.com) – Sedikitnya 10.556 vaksin Covid-19 bakal diterima Pemerintah Kabupaten MalangĀ  pada pendistribusian di tahap awal. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg.Arbani Mukti Wibowo.

“Tapi kapan akan didistribusikan belum tahu. Yang pasti setelah pelatihan. Pelatihannya untuk Kabupaten Malang pada tanggal 17-20 Januari,” ungkap Arbani, Sabtu (9/1/2021).

Puluhan ribu distribusi vaksin tahap awal itu, menurut Arbani nantinya akan diberikan kepad 527 tenaga kesehatan di Kabupaten Malang.

“Vaksinatiornya ada di 52 fasilitas kesehatan, meliputi 39 puskesmas, 12 rumah sakit. dan 1 kantor kesehatan pelabuhan,” paparnya.

Sebelum praktek vaksinasi dijalankan, lanjut Arbani, vaksinator akan melakukan simulasi terlebih dahulu. Menurutnya nanti akan dibagi menjadi 4 tahapan. Pertama registrasi, kedua verivikasi data kesehatan, ketiga imunisasi, lalu keempat observasi 30 menit pasca imunisasi.

“Jadi nanti akan dibagi 4 meja,” bebernya.

Ditanya soal merk vaksin apa yang akan diterima pemerintah Kabupaten Malang, Arbani mengaku belum tahu pasti. Sebab, ada 6 merk vaksin yang nanti bakal diberikan.

“Keenamnya masih diuji klinis di Unpad (Universitas Padjajaran). Kabupaten malang kebagian yang mana saya juga belum tahu,” pungkasnya. (yog/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar