Pendidikan & Kesehatan

Surat Keterangan Domisili untuk PPDB 2020 Diperketat

Proses pendaftaran PPDB tingkat SMP tahun lalu. (Foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di Ponorogo tahapannya dimulai pada bulan ini. Kali ini ada empat jalur yang digunakan untuk mendaftar. Terdiri dari jalur zonasi yang mempunyai porsi 50 persen dari pagu sekolah, 30 persen dari jalur prestasi, 15 persen dari jalur afirmasi, dan sisanya 5 persen dari perpindahan tugas orang tua.

“Pendaftaran PPDB SMP via online, setiap setiap jalur sudah ada jadwalnya masing-masing,” kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo Soiran, Kamis (11/6/2020).

Untuk PPDB jalur prestasi, kata Soiran menjadi yang pertama yakni pada tanggal 16-18 Juli 2020. Jalur perpindahan tugas orang tua pada tanggal 18-20 Juni 2020. Sedangkan jalur zonasi dan afirmasi, sama-sama pada tanggal 22-24 Juni 2020.

Meski surat keterangan domisili (sukedom) pada tahun lalu menuai polemik. Karena siswa atau orangtua mengakalinya. Kali ini masih digunakan menjadi salah satu syarat pendaftaran lewat jalur zonasi. Namun, kali ini penggunaannya diperketat.

Yang menggunakan sukedom sebagai persyaratan, juga harus melampirkan fakta integritas. Dimana dalam surat yang bermaterai itu, jika suatu saat nanti ditemukan bukti tidak kesesuaian, maka yang meminta dan membuat sukedom itu akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Mereka yang terlibat, Yakni bagi peminta dan pembuat sukedom harus sama-sama bertanggungjawab, jiika nantinya ditemukan tidak adanya kesesuaian,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar