Pendidikan & Kesehatan

Sumenep Terapkan PPKM Skala Mikro Zona Kuning di 37 RT/RW

Sumenep (beritajatim.com) – Kabupaten Sumenep mulai menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro zona kuning. Kegiatan itu ditandai dengan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan PPKM di halaman Pemkab setempat, Rabu (10/02/2021).

“Penerapan PPKM ini untuk mengendalikan penyebaran dan penularan Covid-19 yang belum menunjukan hasil maksimal. Di Kabupaten Sumenep ini sudah lebih dari seribu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang ditemukan,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Salah satu kebijakan pemberlakuan PPKM berbasis mikro adalah dengan melakukan pembatasan kegiatan sampai tingkat RT dan RW. Selain itu juga adanya pembentukan posko penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan.

“Pemberlakuan PPKM berbasis mikro itu dilakukan melalui koordinasi antara seluruh unsur yang terlibat, mulai Ketua RT dan Ketua RW, kepala desa maupun lurah,” terang Busyro.

Pemberlakuan PPKM berbasis mikro dimulai pada 9-22 Februari 2021. Untuk Sumenep, PPKM diterapkan di 37 RT yang tersebar di 26 desa di 11 kecamatan daratan.

“Evaluasinya dilakukan setiap hari. Nanti akan dilihat setelah 7 hari seperti apa. Kalau ada penurunan penyebaran Covid-19, berarti bisa dikatakan PPKM berhasil,” terangnya.

Usai gelar pasukan kesiapan pelaksanaan PPKM tersebut, dilakukan pembagian sembako kepada warga yang terdampak PPKM skala mikro. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar