Pendidikan & Kesehatan

Sumenep Tak Lagi Hijau Total, 2 Kecamatan Zona Kuning

Tenaga kesehatan saat membawa pasien terkonfirmasi positif Covid -19 beberapa waktu lalu (foto: Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Setelah bertahan zona hijau total di semua kecamatan di Kabupaten Sumenep selama 9 minggu, akhirnya jebol juga. Dua dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep kini mulai berwarna kuning untuk peta sebaran Covid-19. Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kota dan Kecamatan Kalianget.

“Saat ini ada 17 pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di ruang isolasi Covid-19 di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Agus Mulyono, Rabu (02/05/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono (foto: temmy)

Ia menjelaskan, awalnya pasien yang terkonfirmasi positif itu adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kemudian dilakukan tracing terhadap kontak erat pasien dan dilakukan tes PCR terhadap mereka.

“Tapi sekarang pasien yang PMI itu sudah dinyatakan sembuh dan diijinkan pulang. Pasien lain yang masih dirawat di RSUD merupakan klaster keluarga,” terangnya.

Ia menambahkan, data para pasien terkonfirmasi positif akan terus di-up date dan dilakukan tracing dengan kontak erat pasien. “Yang melakukan tracing selain tim kabupaten, juga kerja sama dengan tim satgas Covid-19 di kecamatan-kecamatan,” paparnya.

Ia berharap agar penyebaran Covid-19 tidak meluas, dengan melakukan upaya-upaya pengendalian yakni 3 T (testing, tracing, dan treatment).

“Tetapi upaya yang paling penting adalah mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” tandasnya. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar