Pendidikan & Kesehatan

Sukseskan Vaksinasi, Banyuwangi Libatkan Tokoh Agama

Banyuwangi (beritajatim.com) – Vaksinasi bagi sejumlah warga di Banyuwangi terus berjalan. Sejumlah tokoh terlibat dalam mensukseskan upaya vaksinasi Covid-19 ini.

Salah satunya melibatkan tokoh agama di semua golongan. Seperti pelaksanaan vaksinasi di  Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Banyuwangi. Keterlibatan tokoh agama ini menjadi langkah penting, sehingga sosialisasi dapat berjalan lancar warga juga antusias.

“Seiring dengan datangnya vaksin Covid 19 di Banyuwangi, kami terus menyasar berbagai kalangan. Kami prioritaskan mereka yang aktivitasnya berpotensi tinggi terjadi penularan covid 19. Mulai dari tenaga kesehatan, para pelayan publik termasuk tokoh agama ini, hingga lansia yang memiliki resiko tinggi bila terinfeksi covid 19 ini,” kata dia, Jumat (28/5/2021).

Sugirah menyebut, Banyuwangi termasuk kabupaten  yang mendapatkan vaksin dengan jumlah terbanyak kedua di Jawa Timur. Kondisi ini menjadi bagian penting untuk masyarakat agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Ibu Gubernur Khofifah yang terus beruoaya memenuhi kebutihan vaksin untuk rakyat, termasuk warga Banyuwangi. Mari kita sukseskan program ini,” kata Sugirah.

Mantan anggota dewan ini juga menegaskan, vaksin yang digunakan tidak berbahaya. Sehingga warga tak perlu takut untuk mendapat suntikan vaksin ini. “Vaksin ini Insha Allah tidak berbahaya. Ini halal, aman, dan bisa menambah kekebalan tubuh kita. Semoga kita semua terhindar dari covid 19,” imbuhnya.

Sementara itu, Pendeta Jemaat GKJW Banyuwangi, Kristanto mengapresiasi pemkab yang telah melibatkan jamaatnya sebagai bagian dari program vaksinasi Covid 19. Melalui gereja, vaksinasi juga menjadi berkat bagi masyarakat.

“Bagi kami ini sebuah berkat. Bahwa gereja bisa menjadi sarana, bukan saja menjadi tempat ibadah secara ritual, tetapi gereja juga bisa tempat untuk ibadah secara sosial, menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi. Ini menjadi berkat bagi masyarakat,” kata dia.

GKJW, kata Kristanto, mensupport penuh program pemerintah. Pasalnya, masalah pandemi Covid-19 menjadi masalah bersama yang harus didukung penanganannya. “Kami dari GKJW akan mendukung program pemerintah penanganan covid-19. Mulai vaksinasi, hingga penegakan disiplin protokol kesehatan pada umat kami,” imbuhnya.

Vaksinasi ini juga disambut baik oleh Maria Wagirah (57), pendeta asal Dusun Jambewangi, Desa Krajan, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Maria mengaku senang berkesempatan mendapatkan vaksinasi.

“Mudah-mudahan vaksin ini membuat saya semakin sehat, menambah imun dan terjaga dari penularan covid 19. Mengingat sehari-hari saya harus melayani umat,” ujar pendeta di Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI) Sempu ini. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar