Pendidikan & Kesehatan

Sukadiono Ketiga Kalinya Jabat Rektor UMSurabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Sukadiono, sosok yang begitu melekat di citra Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya). Dia merupakan rektor selama 3 periode berturut turut, yang tentunya telah membawa UMSurabaya menjadi kampus swasta favorit berbasis Islam.

Sepak terjang Suko, sapaan awalnya, berbuah manis. UMSurabaya kini telah memiliki Fakultas Kedokteran dan telah menelurkan 1 gelombang lulusan. Menjadi pimpinan universitas merupakan mimpi yang tak pernah terlintas di benak Sukadiono kecil. Lahir dari keluarga sederhana sempat membuatnya pesimis untuk mewujudkan mimpi orang tuanya agar dirinya menjadi dokter.

Tapi berkat tekad dan kerja kerasnya, ia berhasil menyelesaikan studi dokternya di Universitas Airlangga. Bahkan kini sukses memimpin Universitas Muhammadiyah Surabaya hingga memperoleh berbagai prestasi.

Hari ini pun, Suko dilantik kembali menjadi Rektor UMSurabaya untuk kali ketiga, Selasa(8/12/2020) yang pelantikannya dilakukan secara daring.

“Mendapat amanah sebagai rektor untuk kali ketiga memang cukup berat. Namun, karena amanah pimpinan tentunya saya harus siap untuk menjalankan amanah sebaik-baiknya,” ujar Sukadiono

Dalam jabatannya, selama empat tahun terakhir yakni 2016 – 2020 berbagai pencapaian diraih UMSurabaya.

Di bidang kelembagaan misalnya, banyak Program Studi (Prodi) yang mendapatkan akreditasi A, termasuk puluhan kerjasama baik nasional maupun internasional.

Menurut Suko, sapaan akrab Sukadiono kini UMSurabaya berada di posisi 10 besar dalam Anugerah Kampus Unggul (AKU) dari LLDIKTI VII.

Tradisi raihan Rekor dunia dari MURI juga tak luput dari capaiannya selama tiga tahun berturut – turut.

“Target ke depan yang utama yaitu akreditasi perguruan tinggi yang unggul, diimbangi pengembangan sarana prasarana. Sehingga saya harus menyelesaikan Gedung At-Taawun 31 lantai yang peruntukkan untuk edu-apartement dalam peningkatan kualitas dan pengembangan UMSurabaya di masa depan,”paparnya.

Pada masa bakti 2020-2024 Suko juga ingin menyelesaikan berbagai macam target pencapaian.

Seperti pendirian berbagai Program Studi (Prodi) strategis, seperti Prodi Kedokteran Gigi, serta Prodi yang berorientasi pada komunikasi digital dan bisnis. Selain itu, penyelesaian Pusat Bisnis dan Inovasi, yang terdiri atas Foodcourt, Techno Park, dan Book Store.

Di samping itu juga selama 4 tahun ke depan, UMSurabaya konsisten mewujudkan diri sebagai Islamic Technopreuner Campus, yang memiliki nyawa pengembangan IT dan enterpreunership yang berparadigma Islami sesuai dengan rencana pengembangan UMSurabaya pada 10-20 tahun mendatang.

”Langkah tersebut yang konsisten kami lakukan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Islam di Indonesia yang berpandangan Islamic Technopreuner Campus,” katanya.

Dalam pelantikan ini juga diluncurkan kejak perjalanan Suko sejak kecil hingga kini menjadi rektor juga dibukukan oleh Kader Muda Muhammadiyah dengan judul “Jejak Langkah Rektor UM Surabaya Dari Masa ke Masa”. [adg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar