Pendidikan & Kesehatan

Sudah Tak Sekolah, Remaja Ini Ikut Konvoi Kelulusan SMA

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah anggota dari jajaran Polsek Senori, Polres Tuban yang sedang bersiaga di Mapolsek dikagetkan dengan adanya konvoi puluhan motor dari kalangan pelajar untuk merayakan pesta kelulusan dengan melalui jalan antar kecamatan depan Polsek Senori.

Petugas Polsek Senori yang sigap kemudian menghentikan aksi konvoi para pelajarĀ  yang telah melakukan corat-coret seragam sekolahnya. Namun, ternyata peserta konvoi tidak semuanya pelajar yang lulus, melainkan terdapat pemuda yang sudah tidak sekolah dan juga pelajar SMP.

Data yang dihimpun beritajatim.com, aksi konvoi tersebut dilakukan oleh sejumlah pelajar dari yang berasal dari Kecamatan Bangilan, Kecamata Jatirogo. Mereka menggunakan sepeda motor yang sebagian besar berknalpot brong dan motor tidak standar.

“Awalnya kami sedang berada di dalam kantor, kemudian mendengar suara knalpot yang sangat keras. Mereka berasal dari arah selatan,” terang AKP Musa Bahktiar, Kapolsek Senori, Polres Tuban, Selasa (30/4/2019).

Sejumlah anggota Polsek Senori, langsung turun ke jalan raya untuk menghadang para pemuda yang melakukan konvoi kelulusan itu. Namun, sebagian pelajar berhasil lolos dan sebagian peserta konvoi berbalik yang kemudian dikejar dengan mobil patroli Polsek Senori.

“Sebagian lolos dan sebagian pelajar lainnya balik arah yang kemudian kita dorong kembali ke arah Bangilan. Dari mereka kita amankan sebanyak 4 kendaraan motor dan 6 remaja peserta konvoi,” tambahnya.

Dari sebanyak 6 remaja yang tertangkap saat melakukan konvoi itu, salah satunya merupakan remaja tamatan SPM dan sudah tidak bersekolah. Namun, dalam konvoi itu pemuda yang merupakan warga Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban itu juga menggunakan seragam SMA yang sudah dicoret-coret.

“Saat kita introgasi remaja yang sudah tidak bersekolah itu mengatakan hanya ikutan-ikutan diajak oleh temannya. Selain itu, saat kita periksa HPnya terdapat group WA dengan nama Konvoi Lulusan A/2019 untuk merencanakan konvoi itu,” paparnya.

Sementara itu, mereka yang tertangkap melakukan konvoi langsung dilakukan pembinaan langsung oleh Kapolsek Senori, Polres Tuban. Selain itu, untuk sepeda motornya yang tidak standart kemudian diamankan dan pemiliknya diminta untuk melengkapi surat-suratnya dan mengembalikan kondisi motor sesuai standartnya.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar