Pendidikan & Kesehatan

Suami dan Anak Dokter Positif Corona Dites Swab

foto/ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) – Keluarga dokter yang positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Jombang dites swab. Hal itu untuk mengetahui apakah mereka positif atau negatif corona. Hal itu mengingat keluarga tersebut sudah melakukan kontak dengan tenaga medis yang positif itu.

“Tracing (pelacakan) sudah kita lakukan. Termasuk kita melakukan swab terhadap suami dan anak dokter yang possitif itu. Tapi hasil tes tersebut belum keluar,” ujar ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, dr Wahyu Sri Harini, Senin (13/4/2020).

Salah satu pasien yang positif corona di Jombang adalah seorang dokter. ASN (aparatur sipil negara) yang bertugas di Kabupaten Kediri ini mengikuti pelatihan petugas haji di Sukolilo Surabaya pada 9 – 18 Maret 2020.

Setelah acara, tenaga medis itu kemudian melakukan pemeriksaan secara mandiri ke Surabaya dengan hasil positif. Nah, sejak saat itu dokter asal Kecamatan Diwek tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah. Selanjutnya pada 8 April 2020 dilakukan pengambilan test SWAB untuk dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Hasilnya, Minggu (12/4/2020), pemerintah Provinsi Jawa Timur menginformasikan hasil SWAB bahwa ada penambahan 1 orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jombang, yakni tenaga medis tersebut. “Beliau sangat kooperatif dengan kita. Kondisinya saat ini sehat. Setiap hari komunikasi dengan kita,” ujarnya.

Nah, dari tracing yang dilakukan oleh Dinkes melalui puskesmas setempat, sedikitnya ada 80 orang yang melakukan kontak langsung dan tidak langsung dengan pasien tersebut. Termasuk keluarga dokter. “Suami dan anaknya sudah melakukan tes awab secara mandiri. Namun hasilnya belum keluar,” pungkas Wahyu. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar