Pendidikan & Kesehatan

Strategi Prokes Banyuwangi Jelang Ramadan

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi mulai mereka strategi kegiatan masyarakat khususnya menjelang bulan suci Ramadan. Dalam hal ini, pihak pemda dan Satgas Penanganan Covid 19 telah membahas mengenai protokol kesehatan yang akan diterapkan.

“Nanti bagaimana kita akan bekerja sama dengan para ulama juga masjid-masjid yang ada di Banyuwangi untuk bisa melakukan protokol kesehatan selama masa Tarawih,” jelas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Kamis (4/3/2021).

Ipuk menyebut, ibadah selama ramadan penting. Namun, kesehatan masyarakat juga harus perlu diperhatikan.

“Ini harus sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang nanti akan kita buat agar masyarakat tidak harus berbondong-bondong salat di masjid sehingga mereka tidak melakukan kerumunan,” katanya.

Pihak Pemkab Banyuwangi, kata Ipuk, juga telah menyiapkan sejumlah satuan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan Covid 19 di masing-masing kecamatan dan desa selama ramadan. Mereka yang nantinya akan menjalankan tugas untuk saling mengingatkan dan menegur bagi pelanggar prokes tersebut.

“Jadi kita harapkan mereka nanti mobile, jadi dimanapun mereka berada melakukan SOP dari tugas mereka,” terangnya.

Ipuk menyebut, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan TNI/Polri dalam pelaksanaan dj lapangan. Termasuk penegak hukum untuk pemberian sanksi saat masyarakat melanggar.

“Sangsi tegas sudah ada, seperti tilang prokes yang sudah berjalan. Dan harapannya masyarakat bisa disiplin tentang prokes ini,” pungkasnya. [rin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar