Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Stok Plasma Dibutuhkan, Donor Darah dan Screening Plasma Konvalesen Gencar Dilakukan

Surabaya (beritajatim.com) – Pada masa pandemi Covid-19, semua pihak tengah berusaha untuk mengatasi penyakit Covid-19 dan dampaknya. Salah satu dampak dari pandemi ini adalah jumlah pendonor darah juga berkurang, sehingga stok darah di berbagai UTD PMI
menipis.

Selain itu, dalam rangka menekan angka kematian karena Covid-19, Terapi Plasma Konvalesen (TPK) merupakan terapi yang menjanjikan. TPK ini merupakan terapi yang melibatkan pemberian plasma dari donor pasien Covid-19 yang sembuh kepada pasien Covid-19 yang masih menderita penyakit tersebut.

Pemerintah terus mendorong tersedianya Plasma Konvalesen. KH Ma’ruf Amin Wakil Presiden, bahkan telah meresmikan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen, di Jakarta, Senin (18/1/2021) lalu.

Wapres berkeyakinan dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih belum dapat dipastikan sampai di mana ujungnya, solidaritas tinggi tetap harus dikuatkan dalam kesadaran semua elemen masyarakat.

Senada dengan Wapres RI, Kombespol Johnny Eddizon Isir, Kapolrestabes Surabaya menggagas upaya memperbanyak donor plasma konvalesen. Diantaranya dengan menggelar Gebyar Februari Donor Plasma Konvalesen.

Kombespol Isir berharap dengan gerakan tersebut, stok plasma darah di PMI bisa meningkat dan bisa dimanfaatkan keluarga pasien. “Outcome yang diharapkan angka sembuh tinggi. Angka meninggal bisa ditekan. Ini bagian dalam rangka percepatan penanganan Covid-19,” kata Isir.

Dalam upaya untuk terus menggalakkan partisipasi masyarakat, dan membangun kesadarannya untuk mendonorkan Plasma Konvalesen bagi para penyintas Covid- 19. Rotary EastJava Area 5-6-7, PERSOS Hwa-Ind, Yayasaan WINGS Peduli Kasih, dan Grand City berkolaborasi dengan berbagai komunitas seperti Bersama Indonesia Sehat, ExCov Community, ORARI dan juga didukung oleh startup buatan anak bangsa, Halodoc dan Reblood.

UTD PMI yang terlibat pada kegiatan ini adalah dari UTD PMI Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan. Donor Darah dan Screening Donor Plasma Konvalesen diadakan pada Sabtu (27/2/2021). Dihelat mulai jam 9 pagi sampai 4 sore, berlokasi di drop-off depan Exhibition Hall Grand City Convex.

Pendonor akan mendapatkan paket sembako dan goodie bag, tetapi hanya untuk 500 penyintas Covid-19 yang bersedia screening donor plasma konvalesen. Demikian juga bagi 500 orang yang berhasil mendonorkan darahnya akan mendapatkan paket sembako, goodie bag, dan jaket.

Presiden Rotary Club of Surabaja yang turut menjabat sebagai ketua panitia kegiatan ini, dr. Theresia Novi, SpPK mengapresiasi berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan sosial ini.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang memiliki misi yang sama dalam memberikan kemudahan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan donor plasma di Surabaya,” ujarnya. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar