Pendidikan & Kesehatan

Stok Masker di Kota Malang Dijamin Aman

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang melakukan sidak ketersediaan masker di sejumlah apotek dan distributor masker di Kota Malang, pada Rabu (4/3/2020). Pemkot Malang mengakui ketersediaan masker menipis tapi aman untuk dua bulan ke depan.

“Kebutuhan masker itu disebutkkan untuk pasien dan para medis. Tapi, yang lainnya tidak harus. Kecuali ada kebiasaan sudah pakai masker. Insyaallah masih tercukupi. Disini pun, saya tanya persiapan nya ada stok sampai dua bulan ke depan,” kata Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, saat sidak ada 26 apotek yang didatangi oleh Pemkot Malang. Hasilnya hanya ada 2 apotek saja yang masih memiliki stok masker. Sementara di didistributor stok masker sudah habis. Tetapi untuk di puskesmas stok masker masih ada namun jumlahnya terbatas.

“Dari 26 apotek hanya ada 2 apotek yang tersedia. Di Kota Malang ada 3 distributor tapi sudah habis. Di Puskesmas juga sudah menipis. Tapi saya tegaskan sejauh ini Malang zero corona sehingga warga jangan terlalu panik,” ujar Sutiaji.

Sutiaji menyebut sampai saat ini belum ada laporan terkait penimbunan masker. Dia mengatakan, harga masker menjadi naik karena permintaan cukup tinggi. Katanya itu merupakan mekanisme pasar, sehingga warga diminta membeli masker sewajarnya saja.

“Kami belum menemukan penimbunan masker, tapi kami melihat ada perilaku masyarakat yang berlebihan terkait pemakaian masker. Untuk itu kita meminta masyarakat menahan pembeliam untuk menahan gejolak kenaikan harga masker,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar