Pendidikan & Kesehatan

Stok Darah UTD PMI Pamekasan Hanya Aman Hingga Akhir Maret 2020

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, Achmad Syafirullah menyampaikan ketersediaan kantong darah di unit yang dipimpinnya hanya dipastikan aman hingga akhir Maret 2020.

“Stok darah UTD PMI sampai akhir bulan (Maret 2020) ini aman,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah kepada beritajatim.com, Sabtu (28/3/2020).

Hanya saja untuk bulan berikutnya, pihaknya belum menjamin ketersediaan kantong darah aman seperti yang terjadi pada bulan ini. Hal tersebut tidak lepas dari minimnya kegiatan donor darah akibat wabah virus corona yang terjadi dalam sebulan terakhir.

Bahkan sejumlah jadwal yang sudah menjadi agenda rutin aksi donor darah, juga terpaksa digagalkan demi mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah Covid-19. Kondisi tersebut membuat tim UTD PMI bekerja ekstra keras guna menjamin ketersediaan stok darah.

Dari itu pihaknya berharap agar para keluarga pasien memenuhi imbauan yang dikeluarkan PMI Pamekasan, dalam rangka mengantisipasi kelangkaan ketersediaan stok darah. “Kami tentunya tetap mengimbau adanya pendonor pengganti ini berjalan maksimal, dalam artian setiap kantong darah diperlukan pasien,” jelasnya.

Sebelumnya pihaknya juga menyatakan komitmennya untuk berupaya maksimal menyediakan stok kantong darah di unit yang dipimpinnya, sekalipun harus berjuang ektra keras di tengah wabah virus corona yang mulai menyebar di wilayah Jawa Timur, tidak terkecuali di kabupaten Pamekasan.

Memang selama ini sejumlah relawan donor juga berupaya ekstra keras mengantisipasi kekurangan stok darah, mereka juga melakukan aksi donor. Sekalipun ada sebagian keluarga pasien yang sudah mengikuti imbauan dari PMI setempat untuk menggunakan pendonor pengganti. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar