Pendidikan & Kesehatan

Jelang Cuti Bersama Lebaran 2019

Stok Darah UTD PMI Pamekasan Capai 771 Kantong

Pamekasan (beritajatim.com) – Stok darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, mencapai angka sebanyak 771 kantong menjelang persiapan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Jumlah tersebut terdiri dari empat jenis golongan darah berbeda, sekaligus hasil program donor darah selama Ramadan yang dikemas dengan program Safari Rahmat Ramadan 2019.

“Total stok darah untuk persiapan cuti bersama lebaran mencapai angka sebanyak 771 kantong darah dari berbagai jenis dan golongan,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah, Minggu (2/6/2019).

Apalagi dalam program yang digelar selama beberapa pekan terakhir, pihak UTD mengumpulkan hampir ratusan kantong darah setiap harinya. “Saat ini untuk jenis darah golongan A sebanyak 199 kantong, golongan B sebanyak 168 kantong,” ungkapnya.

“Sementara untuk jenis golongan darah O mencapai angka sebanyak 346 kantong, serta sebanyak 58 kantong untuk jenis golongan darah AB,” sambung pria yang akrab disapa Dokter Syafi.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap ketersediaan kantong darah di unit yang dipimpinnya tetap aman hingga pelaksanaan cuti bersama usai. “Tentunya kita berharap kondisi ini bisa memfasilitasi kebutuhan masyarakat, khususnya hingga pasca masa cuti lebaran,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar