Pendidikan & Kesehatan

Stok Darah PMI Pamekasan Cukup untuk Sepekan Kedepan

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, dr Achmad Syafirullah memastikan ketersediaan stok darah di unit yang dipimpinnya hanya cukup untuk sepekan kedepan.

Hal tersebut disampaikan menyusul adanya kendala aksi donor darah yang terjadi selama masa pandemi wabah virus corona. Terlebih jadwal kegiatan yang sudah tersusun rapi juga terpaksa harus di panding akibat adanya wabah Covid-19.

Bahkan untuk mengantisipasi kelangkaan sekaligus kekosongan stok darah, pihak PMI Pamekasan selaku leading sector UTD PMI Pamekasan, juga mengeluarkan edaran berupa himbauan agar kaluarga pasien membawa donor pengganti saat membutuhkan kantong darah.

“Jadi sementara stok darah masih aman untuk sepekan kedepan, tetapi butuh gotong royong dari pendonor pengganti untuk mengantisipasi kelangkaan maupun kekosongan stok darah,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, dr Achmad Syafirullah, Sabtu (18/4/2020).

Diakuinya, pada masa pandemi Covid-19 memang sangat sulit untuk memaksimalkan ketersediaan stok darah. Sekalipun hingga saat ini pihaknya tetap berupaya maksimal untuk melakukan berbagai langkah antisipatif guna menghindari kelangkaan maupun kekosongan stok darah.

“Memang kami akui ketersediaan stok darah tidak normal seperti sebelumnya (sebelum pandemi Covid-19), tetapi kami akan tetap berupaya maksimal untuk mengantisipasi kelangkaan maupun kekosongan stok darah di Pamekasan,” ungkapnya.

Sebelumnya pihaknya juga menyampaikan jika saat ini menerapkan pola gotong royong dalam mengantisipasi maupun mencegah kekosongan stok darah di UTD PMI Pamekasan. Sekalipun cara tersebut belum sepenuhnya maksimal dan belum masuk katagori normal seperti sedia kala. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar