Pendidikan & Kesehatan

Stok Darah di UTD PMI Pamekasan Cukup 3 Hari

Pamekasan (beritajatim.com) – Keberadaan stok kantong darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, saat ini diprediksi hanya cukup untuk kebutuhan lima hari kedepan.

Sebab saat ini total stok kantong darah tercatat hanya sebanyak 281 kantong dari empat jenis berbeda. Terbanyak stok kantong darah Golongan O yang tercatat sebanyak 143 kantong.

“Per hari ini, tercatat sebanyak 93 kantong golongan darah A, 46 kantong golongan darah B, 143 kantong golongan darah O dan sebanyak 49 kantong golongan darah AB,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah, Sabtu (4/5/2019).

Hanya saja jumlah tersebut cenderung mengkhawatirkan, terlebih menjelang memasuki Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriyah. “Kalau tidak ada tambahan produksi (donor), Insya’ Allah cukup untuk kebutuhan lima hari kedepan,” ungkapnya.

“Dari itu kami berharap semoga hari ini dan seterusnya, banyak dermawan darah (pendonor) yang mau mendonorkan darahnya ke UTD PMI Pamekasan,” harap pria yang akrab disapa Dokter Syafi. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar