Pendidikan & Kesehatan

Stok Darah di UTD PMI Pamekasan Aman Hingga Akhir Agustus

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, dr Achmad Syafirullah menyampaikan ketersediaan stok darah di unit yang dipimpinnya dipastikan aman hingga akhir Agustus 2020 mendatang.

Hal tersebut tidak lepas dari gagasan dan upaya ‘jemput bola’ yang sudah mulai dilakukan sejak awal Agustus 2020 lalu. Sekaligus sebagai langkah antisipatif mengatasi kekurangan maupun kekosongan stok darah, khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Saat ini stok darah terdata sebanyak 320 kantong, meliputi sebanyak 25 golongan darah A, 150 darah B, 115 darah O dan 30 jenis darah AB. Insya’ Allah hingga akhir Agustus 2020 aman,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, dr Achmad Syafirullah, Rabu (27/8/2020).

Tidak hanya itu, selama ini pihaknya juga melaksanakan beberapa kebijakan untuk menyiapkan ketersediaan stok darah. Salah satunya berupa pendonor pengganti bagi keluarga pasien yang membutuhkan darah, khususnya selama masa pandemi virus corona.

“Memang kebijakan pendonor pengganti sangat membantu kami dalam mempertahankan kebutuhan stok darah selama masa pandemi Covid-19, namun untuk mewujudkan sekaligus memastikan ketersediaan, kita mulai menerapkan aksi ‘jemput bola’ saat memasuki era penyesuaian baru,” ungkap dr Syafi (sapaan akrab Achmad Syafirullah).

Dari itu pihaknya memiliki komitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik, khususnya dalam aspek mempersiapkan stok darah bagi masyarakat khususnya para pasien yang membutuhkan. “Komitmen kami terus mempersiapkan darah bagi yang membutuhkan, sekaligus demi mewujudkan Pamekasan Hebat, dan bebas resah akibat kekurangan darah,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar