Pendidikan & Kesehatan

STIE Perbanas Surabaya Raih Apresiasi PT Asuh Terbaik 2019

Surabaya (beritajatim.com) – Di penghujung tahun 2019, kabar gembira menghampiri STIE Perbanas Surabaya. Pasalnya, kampus bisnis dan perbankan ini berhasil meraih Apresiasi Perguruan Tinggi Asuh (PT Asuh) Terbaik se-Indonesia dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur Dirjen Belmawa, Ismunandar kepada Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si. dalam acara Apresiasi Program Asuh Menuju Prodi Unggul dan Program Penguatan LLDikti Tahun 2019 di The Belleza Suites Jakarta Selatan.

Dilansir dari laman resmi belmawa.ristekdikti.go.id, Ismunandar mengapresiasi kepada semua pihak, yaitu kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) dan Perguruan Tinggi yang telah menyelenggarakan program PT Asuh serta program lainnya yang mendorong peningkatan mutu pendidikan tinggi.

“Ke depan, kita memasuki era yang berbeda. Namun esensinya bukan menjadikan penjaminan mutu tidak penting, tetapi justru semakin penting. Di era tersebut, mutu pendidikan yang dituntut menghasilkan kompetensi dan karakteristik yang lebih hebat, tentu harus lahir dari perguran tinggi dan program studi yang bermutu. Jadi Mas Menteri (Mendikbud), selalu menkeankan bahw perguruan tinggi harus bermutu” papar Ismunandar dikutip dari siaran pers belmawa.ristekdikti.go.id.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan PT Asuh merupakan program hibah untuk kepada perguruan tinggi (PT) yang telah unggul untuk membantu perguruan tinggi dan program studi yang masih terakreditasi C. Tahun 2019 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Program Asuh PT Unggul. Pada tahun ini, tercatat terdapat 30 PT Pengasuh, serta 190 PT Asuhan. Angka tersebut meningkat dari tahun 2018 dengan 29 PT Pengasuh dan 141 PT Asuhan. Selain itu, tahun ini terdapat 705 program studi dari seluruh Indonesia yang mengikuti program ini.

Pada akhir pelaksanaan Program Asuh PT Unggul tercatat peningkatan capaian akreditasi program studi dari C ke B sebanyak 124 program studi, atau sebesar 19,5%. Tercatat juga program studi yang tengah melakukan re-akreditasi sebanyak 172 program studi, atau sebesar 27%. Total jumlah prodi yang menunjukkan adanya aktivitas peningkatan saat program mutu diselenggarakan sebesar 46,5%.

Sementara itu, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., selaku Ketua STIE Perbanas Surabaya menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan dan menjadi suatu kehormatan bisa menjalankan Program PT Asuh. Perlu diketahui, kampus yang dipimpinnya saat ini sudah menjalankan Program PT Asuh selama tiga tahun berturut-turut. “Pada tahun 2017, kami mengasuh 2 Perguruan Tinggi, Tahun 2018 kami mengasuh 3 Perguruan Tinggi, tahun ini kami mengasuh 4 perguruan tinggi,” jelasnya usai menerima penghargaan.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat, bukan hanya bagi PT yang diasuh tetapi juga bagi STIE Perbanas Surabaya. Baginya, program tersebut dijadikan media untuk sharing dan berbagi dengan perguruan tinggi lain. ”Di sini kami selalu berhadapan dengan Perguruan Tinggi Asuh yang bersemangat. Jadi semangat itu kami adobsi agar menjadi semangat terus-menerus,” kesannnya.

Selama program PT Asuh berlangsung, STIE Perbanas Surabaya memberikan pendampingan. Yudi Sutarso pun menjelaskan semula perguruan tinggi asuhan belum ada standar, kemudian dibantu dan sekarang sudah ada yang lebih dari standar, hingga mencapai 26-27 standar. Selain itu, PT Asuhan yang belum punya Auditor saat ini sudah memilki Auditor. ”Yang utama adalah selalu kita dorong untuk sustainability-nya terus berlangsung dengan mendorong mereka (PT Asuhan) membuat program tahun berikutnya dianggarkan untuk kegiatan seperti ini dan disahkan oleh rektornya,” pungkas Yudi.

Perlu diketahui, Ditjen belmawa memberikan penghargaan kepada lima PT Asuh yang telah membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan program studi. Kelima perguruan tinggi tersebut, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Universita Gadjah Mada, Universitas Kristen Petra, Universitas Mercu Buana, dan Universitas Udayana.(adg/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar