Pendidikan & Kesehatan

STIE Perbanas Jadi Instansi Pertama Raih Predikat Unggul BAN-PT

Surabaya (beritajatim.com) – STIE Perbanas menjadi instansi pertama di Jatim yang meraih akreditasi unggul. Hal itu dikarenakann Program Studi Magister Manajemen STIE Perbanas telah meraih akreditasi unggul dari BAN- PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Akreditas Unggul merupakan istilah peringkat dari BAN-PT pada regulasi IAPS 4.0. dengan standar penilaian yang lebih komprehensif.

Regulasi ini merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

Ketua Prodi Magister Manajemen STIE Perbanas, Prof Tatik Suryani menjelaskan akreditasi Unggul tidak hanya berpredikat A.

Tetapi juga mendapatkan nilai baik pada sistem penjaminan mutu, akreditasi program studi, dan publikasi ilmiah.

“Jadi kalau perguruan tinggi yang sudah melakukan akreditasi dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 status akreditasinya bukan lagi “A”, “B”, dan “C”. Melainkan berubah menjadi Akreditasi Baik, Sangat Baik, Unggul, dan Tidak Terakreditasi,”urainya, Rabu (3/3/2021).

Perubahan ini sekaligus terdapat pada proses penilaian akreditasi. Jika sebelumnya ada tujuh standar penilaian, saat ini ada sembilan kriteria penilaian.

“Saat mengajukan akreditasi aturannya masih tujuh standar, tetapi saat prosesnya menjadi sembilan standar. Sehingga kami berusaha menyesuaikan meskipun belum ada contohnya. Karena basis pengukurannya kami belum tahu,”urainya.

Prof Tatik mengungkapkan pengajuan akreditasi ini melalui proses yang sangat panjang, yakni mulai tahun 2018 hingga 2019. Pihaknya pun melakukan perbaruan data pada Februari 2020 karena ada beberapa data yang perlu diperbarui.

Pada tanggal 8 hingga 9 Februari 2021 pihaknya akhirnya menunggu proses visitasi dari BAN – PT. “Karena pandemi visitasinya dilakukan secara online,” tegasnya.

Dengan akreditasi Unggul tersebut nantinya mahasiswa akan mendapatkan pekerjaan lebih muda ketika lulus.

Kemudian, meskipun prodi yang ia pimpin telah mendapat akreditasi unggul, tidak ada penambahan biaya untuk program studi Magister Manajemen.

“Semoga dengan akreditasi unggul ini akan membawa dampak positif bagi kami untuk lebih baik lagi dalam menyelenggarakan proses pendidikan maupun menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Yudi Sutarso mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas prestasi akreditasi Unggul tersebut. Menurutnya akreditasi tersebut akan menjadi motivasi bagi program studi yang lain.

“Jadi kami sedang mengejar juga untuk prodi S-1 Akuntasi, S-1 Managemen, Diploma Akuntasi, Diploma Management dan juga untuk akreditasi Institusi,” jelasnya.

Saat ini STIE Perbanas memang telah mendapat akreditasi A. Namun Yudi mengatakan bahwa pihaknya akan mengusulkan untuk akreditasi Unggul.

Sehingga diharapkan akreditasi unggul tersebut menjadi yang pertama di Jawa Timur.

“Kami ingin yang pertama, dulu untuk sekolah tinggi yang pertama kali mendapat akreditasi A, kami juga ingin pertama kali untuk prodinya,” kata Yudi.

Pihaknya menargetkan semua prodi STIE Perbanas Surabaya dari akreditasi A yang saat ini diraih, bisa menjadi akreditasi unggul.

Setidaknya ada 5 prodi yang akan ditargetkan menjadi unggul yakni S-1 Akuntasi, S-1 Managemen, Diploma Akuntasi, Diploma Management dan Ekonomi Syariah. [adg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar