Pendidikan & Kesehatan

Status BOR ICU RS Rujukan Covid-19 di Ponorogo Sudah Zona Hitam, Isolasi Zona Merah

Kabid Pencegahan dan Penyakit Menular Dinkes Ponorogo, Heni Lestari. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19 di Ponorogo hendaknya mulai ditingkatkan. Pasalnya, ada informasi yang berkembang jika Bed Occupancy Rate (BOR)/ tingkat hunian kasus di ICU di rumah sakit rujukan Covid-19 di bumi reyog memprihatinkan.

Ponorogo berada di zona hitam atau BOR-nya lebih dari 80 persen. Sedangkan untuk BOR Isolasi Covid-19 di rumah sakit rujukan berada di zona merah. Artinya keterisian ruang isolasinya lebih dari 60 persen atau hampir penuh.

Tangkapan layar informasi BOR ICU dan Isolasi RS Rujukan Covid-19 di berbagai daerah. (Foto/Istimewa)

Hal tersebut dibenarkan oleh Kabid Pencegahan dan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Heni Lestari. Bahwa BOR ICU dan BOR Isolasi di rumah sakit rujukan berada di zona hitam dan zona merah.

“Ruang ICU di Ponorogo memang tidak banyak dan hampir terisi semua, sehingga prosentase terlihat sangat tinggi dan berada di zona hitam,” kata Heni Lestari, Selasa (8/6/2021).

Sementara untuk BOR Isolasi rumah sakit rujukan yang berzona merah. Heni menjelaskan bahwa itu menandakan ruang isolasi hampir terisi semua. Namun, di ruang isolasi itu ada yang hasilnya positif bisa dihitung. Sementara juga ada kasus yang masih suspect yang menunggu hasil.

“Belum tentu kasus yang suspect itu hasilnya positif, bisa saja nanti setelah 2 kali swab negatif. Maka akan dipindahkan ke ruang biasa,” katanya.

Heni menambahkan jika untuk kasus Covid-19, berdasarkan data dari BNPB, Ponorogo masih zona oranye. Namun, untuk penilaiannya, risiko sedangnya dalam posisi rendah.

“Untuk Ponorogo masih zona oranye untuk kasus Covid-19- nya,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar