Pendidikan & Kesehatan

Soal Vaksinasi Libatkan UDD, Ketua PMI Kabupaten Malang Tunggu Kajian

Malang (beritajatim.com) – Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Panjaitan berencana melibatkan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia untuk vaksinasi.

Menanggapi hal itu, Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Malang, Jajuk Rendra Kresna menegaskan, secara prinsip PMI Kabupaten Malang sudah siap. Hanya saja, rencana itu tinggal melihat ketersediaan peralatan.

“Kalau memang ini ya kita harus siap. Tapi lihat dulu secara peralatan dan tenaganya. Kalau memang kita siap, kenapa tidak untuk ambil bagian. Itu kan juga bentuk sumbangsih kita untuk mengatasi pandemi Covid-19,” ungkap Jajuk, usai menghadiri kegiatan di Hotel Mirabell Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (30/9/2020) siang ini.

Istri mantan Bupati Malang Rendra Kresna itu melanjutkan, harus ada kajian terlebih dahulu sebelum benar-benar melibatkan Unit Donor Darah dalam vaksinasi. “Jadi kan masih dikaji dulu ini, peralatan kita. Karena kan tidak semuanya. Mereka punya acuan, tenaga medis seperti apa yang dibutuhkan. Biar sana dulu yang menentukan,” terangnya.

Wanita yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur pun menuturkan, jika Unit Donor Darah dilibatkan dalam vaksinasi, harus ada aturan yang jelas. “Apa sih yang tidak kita lakukan untuk menangani pandemi ini. Yang penting semua sehat, semua selamat. Instruksinya seperti apa,” Jajuk mengakhiri. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar