Pendidikan & Kesehatan

Soal Pemberian Vaksin Covid-19, Dinkes Kabupaten Malang Prioritaskan Tenaga Kesehatan

Malang (beritajatim.com) – Vaksin Covid-19 sebanyak 213,1 juta dosis juta vaksin bakal di datangkan Pemerintah Indonesia. Ratusan juta dosis vaksin nantinya, bakal disuntikan pada warga Indonesia tahun 2021 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo menegaskan, dosis tersebut belum ada kabar berapa dosis vaksin yang didistibusikan ke Kabupaten Malang. “Iya memang ada kabar itu, sudah ada vaksin tapi kami belum ada juknis (petunjuk teknis) berapa vaksin yang akan diberi. Ini kami masih menunggu,” kata Arbani, Kamis (15/10/2020).

Apabila sudah terdistribusikan di Kabupaten Malang, Arbani akan memprioritaskan vaksin tersebut untuk disuntikan terhadap tenaga kesehatan yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Malang lebih dulu. “Karena mereka yang bersinggungan langsung dengan pasien Covid-19. Jadi untuk antisipasi penularan saat merawat. Sehingga kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan lebih dulu,” tegas Arbani.

Sebagai informasi, 213 juta dosis vaksin itu didapat dari sejumlah produsen vaksin. Untuk tahun 2020 ini, Indonesia sudah mendapatkan komitmen 18,1 juta dosis vaksin. Rinciannya Cansino 100 ribu dosis vaksin (single dose), G42/Sinopharm menyanggupi 15 juta dosis vaksin (dual dose) dan Sinovac 3 juta dosis vaksin. Sinovac juga menyanggupi pengiriman 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bulk, seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Sementara sisanya 195 juta dosis vaksin akan diamankan tahun 2021. Rinciannya adalah Sinopharm mengirimkan 50 juta dosis vaksin , Cansino 20 juta dan Sinovac 125 juta. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar