Pendidikan & Kesehatan

SNMPTN, SMA Berakreditasi A Dapat Kuota 40 Persen

Jember (beritajatim.com) – Ada beberapa perbedaan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini dibandingkan tahun lalu.

“Untuk tahun ini ketentuannya, bagi sekolah berakreditasi A, maka yang berhak ikut dalam SNMPTN 2019 adalah 40 persen terbaik di sekolah itu,” kata Kepala Humas dan Protokoler Universitas Jember Agung Purwanto, di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sementara untuk sekolah berakreditasi B, hanya 25 persen siswa terbaik di sekolah itu yang bisa ikut SNMPTN. Sementara sekolah dengan akreditasi C dan lainnya hanya 5 persen terbaik di sekolah itu.

“Ini berbeda dengan tahun lalu karena ada pengurangan kuota siswa. Tahun lalu untuk sekolah akreditasi A kuotanya adalah 50 persen siswa terbaik di sekolah yang bisa mendaftar. Untuk B dan C masing-masing 30 persen dan 10 persen dari total siswa yang ada,” kata Agung.

Para calon mahasiswa diharapkan lebih selektif dalam memilih program studi yang diinginkan. “Misalnya ada anak yang lolos SNMPTN, kemudian dia merasa tidak cocok dengan pilihannya lalu mundur dan memilih, maka ikut SBMPTN. Pasti sistem akan menolak karena aturannya demikian,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar