Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Gelar Parenting dan Gathering

Sidoarjo (beritajatim.com) – Kunci utama untuk meningkatkan mutu pendidikan anak adalah kerjasama yang baik antara orang tua murid dengan pihak sekolah. Komunikasi intensif antara kedua belah pihak adalah solusi untuk meraih tujuan tersebut. Bukan hanya membuat perkembangan akademik anak makin terpantau, perkembangan psikologi dan sosial anak pun lebih terkendali.

Atas dasar itulah SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo kembali mengadakan kegiatan parenting dan gathering. Kali ini kegiatan parenting dan gathering ditujukan untuk orang tua wali murid kelas 9. Kegiatan itu dihelat pada Sabtu (10/9/2022) bertempat di Ballroom SMP Al Falah Deltasari.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari itu dihadiri oleh Ayah dan Bunda dari 79 siswa kelas 9. Kegiatan parenting dan gathering kali ini mengambil tema Sinergi Positif Sekolah Bersama Orang Tua Menghadapi Ujian Sekolah Siswa Kelas 9.

Kepala SMP Al Falah Deltasari, Kusmanto dalam pembukaan acara menandaskan pentingnya kerjasama yang baik antara orang tua murid dengan pihak sekolah. Komunikasi intensif antara kedua belah pihak adalah solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan anak.

“Sinergi yang positif antara orang tua wali murid dengan pihak sekolah menjadikan visi dan misi sekolah bisa terwujud,” kata Kusmanto.

Dalam kegiatan itu disampaikan juga agenda sekolah serta program pembelajaran dalam satu semester oleh Waka Kurikulum, Kusumoning Tiyas Utami. Dengan begitu orang tua wali murid memiliki pegangan guna mengontrol belajar putra-putrinya di rumah.

Parenting dan gathering kali ini mengundang narasumber Agus Priyadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dalam paparannya Agus Piyadi menekankan pola asuh dan pendekatan mendidik anak sesuai dengan karakter dan tipe kepribadian anak. Seperti diketahui dalam penelitian psikologi tentang karakter anak dapat dilakukan melalui ciri kepribadian. Salah satunya melalui model DISC, yang membagi karakter dan kepribadian anak menjadi empat kepribadian dasar yaitu Dominant (Dominan), Influencing (Intim), Steadiness (Stabil), dan Compliance (Cermat).

Usai mengikuti paparan dari narasumber, para orang tua murid diajak dalam permaianan melalui game kebersamaan. Kegiatan ini merupakan momen mempertemukan dewan guru dengan orang tua murid. Game kebersamaan antara orang tua murid dan dewan guru yang dipandu tim TSOT dari Prigen berjalan seru. Orang tua murid dibagi dalam kelompok putra dan putri dimana para guru dimasukkan dalam kelompok orang tua murid. Permainan melalui game konsentrasi dan game aba-aba menjadikan satu keseruan dimana nampak adanya kekompakan dan saling komunikasi intens antar orang tua murid dan juga dewan guru. [but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar