Pendidikan & Kesehatan

Dies Natalis Pertama

SMK Telkom Sidoarjo Gelar Webinar dan Launching Makerspace

Sidoarjo (beritajatim.com) – Merayakan Dies Natalis pertama, SMK Telkom Sidoarjo menggelar serangkaian acara berupa webinar konferensi kejuruan dan industri. Webinar tersebut dengan pembicara artis ibu kota. Selain itu juga beberapa lomba.

Seluruh acara tersebut diadakan secara daring. Selain itu, perayaan ini dimeriahkan dengan launching program yang masih jarang dikembangkan sekolah kejuruan yakni makerspace “Dunia Robotic dan Internet of Thing”. Launching dilakukan dengan demo secara langsung, pada acara webinar konferensi kejuruan dan industri yang diikuti 172 guru SMK Se-Indonesia.

Acara konferensi ini berisikan sharing tenaga kerja yang dibutuhkan dalam dunia industri khususnya bagi lulusan SMK dengan pembicara Direktur Pembinaan SMK dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Dr Ir. M. Bakrun, M.M.

Tercatat 940 siswa telah mendaftar dalam acara webinar tersebut. Selain webinar konferensi kejuruan dan industri yang diikuti guru SMK se-Indonesia, acara webinar juga ditujukan untuk siswa-siswi SMP dan SMA/SMK se-Indonesia dengan tema dan pembicara yang kekinian.

Selain webinar, siswa-siswi SMP dan SMA juga dapat mengikuti lomba, yaitu Mobile Legend, PUBG, poster digital, dan videografi. Tercatat lomba Mobile Legend diikuti 456 siswa terdiri atas 76 tim dan lomba PUBG diikuti 160 siswa terdiri atas 40 tim.

Selain itu juga lomba poster digital poster diikuti 60 peserta terdiri atas 33 individu dan 9 tim, lomba videografi diikuti 66 siswa yang terdiri atas 22 tim, dan lomba kontes menyanyi diikuti 70 siswa yang terdiri atas 67 individu dan 1 grup vokal.

Dari semua peserta tersebut, tiga peserta yang terjauh berasal dari SMP Mardi Waluyo Cibinong, SMP IPEKA Makassar, SMPN 1 Kaliwungu Semarang.

“Saya sangat bersyukur mengikuti serangkaian acara dies natalis SMK Telkom Sidoarjo karena di tengah pandemi bisa mengembangkan potensi dengan mengikuti lomba poster dan webinar bersama artis idola secara daring. Sehingga mengurangi risiko terinfeksi virus yang tengah menyebar saat ini,” kata Dinda, satu dari peserta lomba (SMP IPEKA Makassar).

Kepala SMK Telkom Sidoarjo Rahmat Dwi Djatmiko S.Kom mengatakan, program makerspace dilakukan bertujuan menambah wawasan masyarakat dibidang pengembangan Internet Of Things dan Robotic dengan ilmu terbaru untuk kebutuhan sehari-hari.

“Dari program makerspace bisa membantu aktivitas-aktivitas untuk umum dan siapapun. Bisa untuk anak SD anak SMP dan SMA yang kepingin belajar web programming yang sudah ada kerjasama dengan pihak-pihak luar,” paparnya. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar