Pendidikan & Kesehatan

Siswa SMK Bata-Bata Pamerkan Karya BBM Berbahan Dasar Sampah

Pamekasan (beritajatim.com) – Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum Bata-Bata, memamerkan hasil karya berupa bahan bakar minyak alias BBM yang terbuat dari bahan dasar sampah.

Karya bahan bakar jenis bensin dan solar tersebut, dipamerkan dalam international event melalui Bazar Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Desa Panaan, Kecamatan Palengaan.

“Bahan bakar berupa bensin dan solar dari bahan dasar sampah ini berhasil kami buat setelah melakukan beberapa kali percobaan, awalnya selalu gagal dan gagal hingga akhirnya berhasil,” kata Siswa SMK MUBA, Abd Kholik, Kamis (17/1/2019).

Hanya saja pihaknya mengakui masih terdapat beberapa kekurangan dari karya yang dihasilkannya. “Proses pembuatan bensin dan solar ini murni dari bahan dasar sampah yang dibakar melalui tabung, tidak ada campuran bahan-bahan kimia,” ungkapnya.

“Hanya saja kami akui hasil BBM ini masih kurang sempurna, sebab ketika diuji coba pada mesin kendaraan masih mengeluarkan asap hitam. Kami masih memerlukan sejumlah alat agar bisa menghasilkan karya yang sempurna,” jelas siswa kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Dari itu pihaknya berharap kedepan bisa mendapatkan sejumlah alat yang bisa menyempurnakan karyanya, termasuk juga bisa diteruskan oleh siswa lain setelahnya. “Jadi hasil BBM ini kami akui belum sempurna, semoga kedepan bisa lebih baik,” harapnya.

Selain memamerkan karya BBM, siswa SMK Mambaul Ulum Bata-Bata, juga memamerkan beberapa karya lain dalam Bazar Pekan Ngaji 4 Pesantren Bata-bata, yang digelar hingga Minggu (20/1/2019) mendatang. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar