Pendidikan & Kesehatan

Siswa SDN Jember Lor 5 Bersekolah Sambil Tutup Hidung

Jember (beritajatim.com) – Siswa-sisw SD Negeri Jember Lor 5 di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur bersekolah sembari menutup hidung.

Kondisi belajar sembari mencium bau sampah sudah terjadi sejak Januari 2019. Ada dua penyebab bau.

Pertama, ada tiga ruang kelas yang bersebelahan dengan lokasi pembuangan sampah, yakni 2 A, 2 B, dan kelas 3. “Bau berasal dari bak sampah Pasar Kreongan yang bersebelahan dengan kelas 2 B. Hanya berjarak setengah meter dari pembuangan sampah,” kata Pelaksana Tugas Kepala SDN Jember Lor 5 Poncodriyo.

Penyebab kedua, menurut Poncodriyo, adalah selokan di lokasi penjualan dan pemotongan daging di akses jalan dekat sekolah. “Selokan di lokasi pemotongan daging itu tidak berjalan baik, tidak ada airnya sehingga menimbulkan bau. Guru, murid, dan pegawai sekolah merasa terganggu,” katanya.

Pujodriyo juga memasang pagar bambu yang membatasi sekolah dengan pasar. Tujuannya agar para siswa tidak melihat tempat pemotongan daging atau meloncat ke pasar. “Demi amannya dan itu tembok lama yang mau roboh saya mohon diperbaiki,” kata Pujodriyo.

Tembok mes klub sepak bola Persid yang bersebelahan dengan sekolah juga diharapkan Pujodriyo agar diperbaiki. Ia khawatir tembok roboh saat anak keluar-masuk atau orang tua mengantarkan siswa ke sekolah. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar