Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Siswa SDN 6 Gresik Berkreasi Hasilkan Batik Bermotif

Gresik (beritajatim.com) РSiswa SDN 6 Gresik berkreasi menghasilkan batik bermotif ikat celup. Kreasi tersebut merupakan output dari pelatihan membatik yang digelar selama empat hari dengan menghadirkan instruktur yaitu budayawan Gresik, Kris Aji.

Pelatihan membatik itu diawali dengan pengenalan sejarah budaya asli Indonesia. Dilanjutkan dengan praktek melipat, mengikat, pewarnaan hingga teknik mencelup kain.

Ada 54 potong batik ikat celup hasil kreasi siswa. Seluruh karya kreasi tersebut akan menjadi bahan pameran oleh sekolah.

Salah satu siswa, Yola (10) mengaku menyukai seni membatik karena mengajarkan ketelitian, kesabaran, teknik pewarnaan sekaligus melestarikan budaya asli Indonesia.

“Baru pertama kali praktik membuat batik, tetapi sangat seru apalagi bersama dengan teman-teman. Saya banyak belajar tentang kesabraan, ketelitian dan menuangkan ide dalam selembar kain,” ujar siswa yang duduk di bangku kelas 5, Kamis (6/10/2022).

Kepala SDN 6 Gresik, Hepi Yusita mengatakan, pelatihan membatik ini menjadi sarana melestarikan budaya warisan nenek moyang. Sekaligus implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka.

“Dengan melestarikan budaya asli Indonesia, maka siswa akan memiliki cita-cita mulia serta pribadi yang unggul sesuai karakter dari Pancasila,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Pengawas Sekolah TK/SD Kecamatan Gresik, Nanang Sedyo. Menurutnya, pihaknya sangat mengapresiasi upaya sekolah dalam melestarikan budaya asli Indonsia sekaligus menanamkan nilai-nilai Pancasila.

“Kami sangat mengapresiasi upaya sekolah. Melalui pembelajaran batik, sekolah mengajak siswanya lebih menghargai seni dan budaya asli IIndonesia dan meningkatkan kreativitas sekaligus membangun karakter sejak usia dini,” tandasnya. [dny/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar