Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Siswa Baru SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Ikuti MPLS

Sidoarjo (beritajatim.com) – Peserta didik baru dari SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di hari pertama masuk sekolah, Senin (18/7/2022). Hari pertama MPLS diawali dengan kegiatan upacara bendera di area lapangan basket yang diikuti pula siswa kelas 8 dan kelas 9 serta semua guru dan karyawan.

Setelah dua tahun lamanya MPLS dilaksanakan secara daring, kini MPLS di SMP Al Falah Deltasari dilaksanakan secara luring atau langsung. Itu karena SMP Al Falah Deltasari melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di tahun ajaran baru 2022-2023.

Kepala SMP Al Falah Deltasari Kusmanto dalam sambutan pembukaan MPLS mengatakan, MPLS bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah serta budaya sekolah khususnya kebiasaan dan tata tertib di SMP Al Falah Deltasari. Ia juga mengingatkan kepada siswa kelas 8 dan kelas 9 untuk membantu siswa baru yang merupakan adik kelasnya.


“Kalian sebagai kakak kelas yang sekarang punya adik kelas baru, bantu adik-adiknya agar cepat beradaptasi,” kata Kusmanto.

Sementara itu, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Defi Aryani Ega Widya menuturkan, tujuan MPLS mengacu pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Tujuan itu adalah membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

Semua itu mengarah pada pengembangan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya. Juga untuk menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat.

“Di samping mengenali potensi diri siswa baru, juga untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru di jenjang SMP,” jelas Defi.

Karena itu berbagai materi MPLS sudah disiapkan. Selama tiga hari pelaksanaan MPLS, Senin-Rabu (18-20/7/2022) siswa baru akan menerima materi wiyata mandala, akidah akhlak, tata tertib sekolah, latihan baris berbaris, keorganisasian, serta kearifan lokal. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar