Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Siswa Baru SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Diberi Program Matrikulasi

Sidoarjo (beritajatim.com) – SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo melaksanakan program matrikulasi untuk siswa baru tahun ajaran 2022/2023. Matrikulasi dimulai usai pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dimulai hari Senin (25/7/2022) hingga Jumat (29/7/2022), siswa baru kelas 7 selama sepekan menerima materi matrikulasi yang sudah disiapkan oleh tim guru matrikulasi.

Matrikulasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan awal yang diperlukan siswa baru untuk mengikuti kegiatan pembelajaran pada jenjang tertentu.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Al Falah Deltasari Kusumoning Tyas Utami mengatakan, matrikulasi bertujuan untuk mencapai entry level yang sama bagi seluruh peserta didik yang berisi pemantapan materi.


“Matrikulasi adalah kegiatan rutin setiap tahun bagi siswa baru. Salah satu tujuan matrikulasi untuk memperoleh kemampuan yang relatif sama bagi siswa, sebelum mengikuti proses belajar mengajar di kelas,” kata Tyas.

Karena itu telah disiapkan materi untuk kompetensi bidang studi dasar, yaitu materi Numerasi, Science, Lenguages Studies, dan Islamic Studies. Materi dasar itu wajib dikuasai siswa baru. Sehingga pada saat proses pembelajaran dimulai para siswa sudah mempunyai pengetahuan dasar yang sama dalam bidang studi dasar tersebut.

“Langkah awal tim guru akan membuat pre test kemampuan kompetensi bidang studi dasar itu. Hal itu untuk memperoleh data awal bagi guru tentang kompetensi yang dimiliki siswa baru dan berguna sebagai input bagi langkah tindak lanjut pada program pembelajaran selanjutnya,” jelas Tyas.

Di samping mendapatkan empat materi bidang studi dasar itu, para siswa baru juga mendapatkan materi Speed Reading, Creative Writing, Mind Mapping, dan Super Memory System. Empat materi itu diberikan kepada siswa baru dalam aspek belajar bagaimana cara belajar yang efektif. Mereka dibekali keterampilan-keterampilan belajar yang bisa meningkatkan kemampuan belajar.

Waka Kurikulum SMP Al Falah Deltasari yang akrab dipanggil Tyas itu lebih lanjut menjelaskan, program matrikulasi ini bertujuan agar para siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar dan cara belajar baru yang berbeda dengan pengalaman belajar pada jenjang sebelumnya.

“Dengan demikian sangat perlu untuk mempersiapkan prakondisi psikologis siswa sebagai jembatan transisi dari kondisi lama di lingkungan SD ke kondisi baru di lingkungan SMP,” pungkas Tyas. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar