Pendidikan & Kesehatan

Siswa Baru SMADA Pamekasan Jalani Masa Orientasi Daring

Perwakilan siswa baru dikukuhkan sebagai bagian dari Keluarga Besar SMA Negeri 2 Pamekasan, pasca menjalani proses Masa Orientasi.

Pamekasan (beritajatim.com) – Proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 2 Pamekasan, menerapkan sistem daring atau online melalui aplikasi live streaming yang digelar dalam tiga hari terakhir, yakni sejak Senin hingga Rabu (13-15/7/2020).

“MPLS merupakan program pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru SMADA (sebutan SMA Negeri 2 Pamekasan), sekaligus menjadi program orientasi bagi siswa baru sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran,” kata salah satu panitia pelaksana MPLS SMADA Pamekasan, Dr Ridwan, Kamis (16/7/2020).

Diakuinya, program tersebut merupakan kegiatan dalam rangka memberikan penguatan awal bagi siswa baru untuk mengenal dan memahami materi awal memasuki fase sekolah menengah atas. “Dalam kegiatan itu, sedikitnya ada tujuh materi berbeda yang disampaikan kepada siswa baru,” ungkapnya.

“Dari tujuh materi itu meliputi visi misi sekolah, wiyata mandala (lingkungan sekolah), belejar efektif, tata tertib sekolah, ektrakurikuler hingga materi umum seperti radikalisme serta bulliying,” sambung pria yang akrab disapa Pak Ridwan.

Lebih lanjut dijelaskan, masa orientasi dengan memberikan pengetahuan dasar dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi siswa baru. Khususnya berkenan dengan beragam materi yang berkaitan erat dengan pengetahuan yang akan dipelajari saat memasuki masa aktif sekolah.

“Kegiatan orientasi sengaja dilakukan dengan menerapkan sistem daring karena saat ini kita tengah berada pada masa pandemi Covid-19, tapi di akhir kegiatan mereka mengumpulkan tugas resume dari materi yang didapat selama proses orientasi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pada akhir pelaksanaan orientasi. 12 perwakilan siswa dari total sebanyak 298 siswa baru dikukuhkan secara simbolis sebagai bagian dari keluarga besar SMADA Pamekasan. “Di akhir program, perwakilan siswa dikukuhkan secara langsung di sekolah dengan tetap menerapkan protokol Covid-19,” pungkasnya. [pin]





Apa Reaksi Anda?

Komentar