Pendidikan & Kesehatan

Sistem Ranking Siswa Eligible PMB LTMPT 2020 Diserahkan pada Sekolah

Surabaya (beritajatim.com) – Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) 2020 telah dibuka. Saat ini pun sekolah sedang menyiapkan diri untuk mendaftar di akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Registrasi LTMPT pun dilakukan dengan satu data base yakni single sign on, yang dibuka sejak 02 Desember 2019 hingga 07 Januari 2020 mendatang. Terkait hal itu, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang menjadi tuan rumah bagi wilayah Lamongan, Tuban, Gresik dan Bojonegoro pun menggelar sosialisasi untuk perubahan sistem PMB jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Rektor Unair Prof Muh Nasih, mengatakan bahwa terdapat sedikit perubahan pada sistem pendaftaran SNMPTN, yakni pada pemeringkatan kuota siswa eligible yang diserahkan langsung kepada sekolah.

“Ada sedikit perubahan pada sistem perangkingan, ini yang akan kita sosialisasikan kepada kepala sekolah hari ini,” ujar Rektor Unair, Senin (16/12/2019).

Sistem perangkingan pada dasarnya tetap berdasarkan akreditasi sekolah dengan rincian Akreditasi A : 40 persen terbaik di sekolahnya; Akreditasi B : 25 persen terbaik di sekolahnya; Akreditasi C dan lainnya 5 persen terbaik di sekolahnya.

Prof Nasih mengatakan bahwa prosentase itu merupakan siswa pilihan secara kuantitas yang dihitung dari banyaknya siswa dengan tidak lagi menyertakan rangking dobel.

“Jika sekolah akreditasi A maka sekolah tersebut hanya bisa mengiripkan 40 persen secara kuantitas. Contohnya siswanya 100 jadi 40 persen terbaik adalah 40 siswa. Tidak bisa lebih karena tidak ada rangking dobel lagi. Jadi ini tugas sekolah untuk menentukan perangkingan siswa yang eligible,” terang Prof. Nasih.

Jika selama ini, perangkingan siswa eligible menjadi kapasitas LTMPT, untuk PMB 2020 sepenuhnya diberikan kepada sekolah. Hal ini dilakukan untuk menghindari rangking dobel yang sering terjadi dan menjadi celah kecurangan. Mengatisipasi masih terjadinya dobel ranking, Prof Nasih mengatakan bahwa itu menjadi kewenangan sekolah untuk melihat dan memperhitungkan prestasi atau nilai lainnya selain nilai Ujian Nasional.

Menanggapi putusan hulu dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Prof Ismunandar mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta (15/11/2019), beberapa guru mengatakan siap mengeksekusi peraturan baru tersebut.

Wakil Kepala (Waka) Kurikulum SMA Hidayatussalam Gresik, Nur Rohimatul Lailah yang turut hadir dalam sosialisasi Unair ini mengatakan bahwa pihaknya telah mengerti apa yang dimenjadi fokus utama dalam perubahan sistem PMB 2020 ini.

“Selama ini kami berupaya untuk memacu siswa menyiapkan diri menghadapi SNMPTN dengan fokus pada kenaikan nilai sejak kelas 1. Selain itu untuk perangkingan kami juga memastikan tidak ada rangking dobel. Karena selama ini memang tidak rangking yang dobel, biasanya pasti ada selisih nol koma begitu,” ujar Nur.

Selain itu, Nur juga menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan alternatif penilaian jika ada rangking nilai yang dobel. Baik dengan nilai prestasi akademik maupun non akademik lainnya.

“Ya kalaupun memang ada rangking dobel nanti kami ambil perhitungan dari prestasi lainnya, yang pasti dari akademik dulu baru non akademik seperti prestasi seni atau hafidz Quran,” terangnya.

Saat ini, secara nasional jumlah peserta PMB yang terdata di LTMPT sudah mencapai kurang lebih 15.700 sekolah aktif. Untuk sekolah yang sudah menjadi pendaftar permanen akun LTMPT sebanyak 4000 sekolah, sedangkan untuk siswa sudah terdata sebanyak 250.000 dan siswa yang sudah menjadi pendaftar permanen 605.000 siswa. [adg/but]

Berikut Jadwal Sistem PMB 2020:

1. Peluncuran Sistem PMB 2020: 15 November 2019
2. Registrasi Akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 07 Januari 2020
3. Pengisian PDSS: 13 Januari – 06 Februari 2020
4. Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah: 13 Januari – 06 Februari 2020
5. Pengumuman Siswa Eligible daftar SNMPTN: 13 Januari – 06 Februari 2020
6. Pendaftaran SNMPTN: 11 – 25 Februari 2020
7. Pengumuman Hasil SNMPTN: 04 April 2020 pukul 15.00 WIB
8. Pendaftaran Ulang Peserta yang lulus SNMPTN: Lihat di laman masing-masing PTN.

Apa Reaksi Anda?

Komentar