Pendidikan & Kesehatan

Sistem Layanan BPJS Kesehatan Buka Selama Libur Lebaran

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala BPJS Kesehatan Pamekasan, Elke Winasari menyatakan sistem pelayanan program JKN-KIS tetap buka selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota,” kata Elke Winasari, Senin (27/5/2019).

Layanan kesehatan bagi peserta program JKN-KIS sudah menjadi komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan dalam aspek layanan. “Sesuai ketentuan, libur lebaran mulai H-7 hingga H+7 lebaran atau mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019 mendatang,” ungkapnya.

Bagi peserta yang membutuhkan pelayanan dalam kondisi sedang mudik juga disiapkan melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). “Layanan daftar FKTP ini dapat dilihat melalui aplikasi mudik BPJS Kesehatan, atau bisa melalui BPJS Kesehatan Care Centre 1500 400,” jelasnya.

Bahkan bila DKTP tidak dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran, peserta yang membutuhkan pelayanan di luar jam layanan bisa langsung dapat dilayani di IGD Rumah Sakit. “Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS,” tegasnya.

“Namun terpenting hal itu berlaku selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,” sambung perempuan yang akrab disapa Elke.

Dari itu, pihaknya berharap para peserta agar selalu disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik, serta selalu membawa kartu JKN-KIS. “Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, maka dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN,” imbuhnya.

“Selain itu, kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore. Terlebih dalam aplikasi ini juga tersedia dengan lengkap nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra, termasuk tanya jawab seputar layanan, informasi, tips, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar