Pendidikan & Kesehatan

Sisihkan 335 Universitas, Undip Juara Debat Bahasa Inggris

Surabaya (beritajatim.com) — Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih posisi juara satu dalam National University Debating Championship (NUDC) 2019 pada Kamis malam (28/7/2019). Kompetisi yang digelar oleh Kemenristekdikti itu dilaksanakan tanggal 14-19 Juli 2019 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dalam kompetisi debat Bahasa Inggris nasional tersebut, Undip berhasil tampil sebagai juara pada kategori Main Draw. Tim yang digawangi oleh Maerel Dhalia Arumnisa dan Alfat Faunzani tersebut berhasil menyelesaikan babak Grand Final menggalahkan 335 tim dari universitas lain. Dalam durasi selama satu jam, Undip bersama para finalis mampu beradu argumen membawakan tema politik.

Sementara itu, posisi kedua diraih oleh Universitas Kristen Petra (UKP). Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Universitas Gajah Mada (UGM) serta Universitas Indonesia (UI) diposisi keempat.

“Deg-deg an sekaligus senang ya, ga sia-sia. Ambisius saja tidak cukup.” ungkap Maerel.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., dalam sambutannya. Prof Nasih mengaku senang sekaligus bangga dapat menjadi tuan rumah dan melahirkan juara-juara berkualitas.

“Kami merasa bahagia dan bangga. Kami sangat berharap, kepada mahasiswa khususnya, teruslah ingat kita berjuang bersama disini. Selamat kepada pemenang, dan yang lain jangan berkecil hati. Kalah menang itu sudah biasa,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pemenang utama debat Bahasa Inggris pada kategori Main Draw akan dipersiapkan untuk mengikuti World Universities Debating Championship (WUDC), atau lomba debat Bahasa Inggris Internasional. Dengan begitu, Undip akan mewakili Indonesia diajang tersebut pada bulan Desember-Januari 2020 di Bangkok, Thailand.

“Terima kasih banyak, dan semoga sukses. Insya Allah, tahun depan Unair akan mengajukan diri untuk jadi tuan rumah lagi, semoga saja disetujui,” tutupnya. [ddn/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar