Pendidikan & Kesehatan

Siapkan Protokol Kesehatan, Santri Ponpes Al-Hikam Malang Masuk Agustus

Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Muhammad Nafi'.

Malang (beritajatim.com) – Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Muhammad Nafi’ mengatakan sekitar 400 santri yang menempuh pendidikan di tempat ini bakal kembali masuk pada Agustus 2020. Sebelum, para santri kembali pihak Ponpes bakal menyiapkan protokol kesehatan terlebih dahulu.

Pertama bagi santri yang bakal kembali ke Malang, diwajibkan dalam kondisi sehat. Santri juga diimbau tidak menggunakan transportasi umum. Setiba di Ponpes mereka akan diisolasi di ruang transit yang telah disiapkan oleh pengasuh Ponpes Al-Hikam..

“Setelah dipastikan sehat, mereka harus transit dulu di ruangan khusus yang sudah kami sediakan. Saat pelajaran mereka harus dicek suhu tubuh, cuci tangan, memperhatikan physical distancing dalam melakukan kegiatan apapun. Serta, keluar-masuk pondok harus melewati bilik disinfektan yang sudah disiapkan,” kata Nafi’, Rabu, (10/6/2020).

Kemudian di kamar Ponpes, para santri juga diatur dalam hal physical distancing. Satu kamar hanya boleh untuk 6 santri dengan tempat tidur susun. Jumlah lemari akan ditambah, nahkan peralatan makan seperti piring, sendok juga harus sendiri-sendiri.

“Kami juga meracik empon-empon dari jahe, kunyit dan temulawak, serta membuat masker sendiri. Kami akan gencarkan senam, minim multivitamin. Persipan kami lakukan sejak hari ini. Dan bulan Juni pengurus sudah masuk,” papar Nafi’.

Nafi’ mengatakan, bahwa para santri datang menggunakan sistem zonasi. Ponpes akan memfasilitasi penjemputan. Tahap pertama santri di sekitaran Blitar, dan Tulungagung yang akan dijemput. Kemudian daerah lain hingga akhir Juli. Sehingga pada Agustus aktivitas belajar mengajar kembali dimulai di Al-Hikam. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar