Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Siapkan Produk Hewan ASUH, UIN Malang Teken MoU dengan BBPP Kota Batu

Penandatanganan MoU UIN Malang dengan BBPP Kota Batu

Malang (beritajatim.com) – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) jalin kerja sama dengan Badan Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) kota Batu. Agenda tersebut dimediasi oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang berlangsung di ruang rektor, lantai 1, Gedung Rektorat UIN Malang.

Kerjasama dilakukan dengan tanda tangan MoU perwakilan kedua lembaga yang disaksikan langsung wakil rektor IV bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr.Isroqunnajah,M.Ag, Ketua LPH UIN Maliki Malang, Begum Fauziyah, M. Farm, Koordinator bidang kerja sam dan Kelembagaan, serta para staf terkait lainnya.

Kepala BBPP kota Batu, Dr. Sabir MSi, dalam sambutan menyampaikan terimakasih sekaligus memberi apresiasi atas terwujudnya kerjasama tersebut. Kerjasama itu, kata dia, adalah salah satu upaya mensupport dan mempersiapkan produk pangan asal hewan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).


“Aman dalam arti tidak terkontaminasi dan tidak tercampur zat apapun yang membahayakan bagi pengkonsumsinya. Sehat, hal ini berarti mengandung gizi yang bermanfaat dan diperlukan bagi yang mengkonsumsi,” jelas Sabir, Rabu (24/8/2022).

Dia menerangkan jika yang dimaksud utuh berarti tidak bercampur dengan barang atau bahan yang lain. “Daging disebut daging sapi, maka seluruhnya murni dan harus benar-benar daging sapi. Misal lagi disebut daging kambing maka ya sepenuhnya itu murni daging kambing. Kemudian, halal itu tentunya mulai dari proses pemotongan, pengolahan, sampai pada penyajian senantiasa sesuai dengan syariat agama Islam.”

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. M. Zainuddin, MA menyambut dengan rasa syukur atas terwujudnya jalinan kerjasama dengan BBPP Batu. “Alhamdulillah, ini merupakan mitra baru dari sekian para mitra UIN Maliki yang telah melakukan MoU, semoga dengan semua mitra kedepannya nanti Kita bersama bisa saling mengembangkan lembaga/instansi masing-masing,” terangnya.

Dia juga menanggapi penyampaian dari Kepala BBPP Batu, menurut Zainuddin bahwa hal itu ternyata sudah match atau sesuai dengan tujuan dan program dari Halal Center atau LPH UIN Maliki Malang. [dan/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev