Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka, PMI Turen Desinfeksi Sekolah

Malang (beritajatim.com) – Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) dan PMI Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, melakukan desinfeksi di sejumlah sekolah.

Disinfeksi dilakukan secara bertahap, sebelum diterapkan sekolah tatap muka. “Desinfeksi penting, untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Ketua PMI Kecamatan Turen, Rudi Wirjanto Osio, Senin (4/10/2021).

Menurut Rudi, desinfeksi dilakukan mulai di ruang kelas, bangku, dan peralatan. Tujuannya, agar proses kegiatan belajar mengajar berjalan optimal. Sebanyak 33 relawan dikerahkan untuk penyemprotan desinfeksi di sekolah. Desinfeksi dilakukan atas permintaan sekolah bersangkutan. Desinfeksi dilakukan di enam sekolah dasar, tiga SMP dan dua SMK.

Terutama di sekolah yang sebelumnya menjadi tempat isolasi terpusat (Isoter). Serta di sekolah yang dalam kategori zona merah, meliputi daerah yang penduduknya banyak terinfeksi Covid-19 dan guru atau siswa yang terpapar Covid-19. Namun, ada pihak sekolah yang akan melakukan tatap muka setelah semua siswa menjalani vaksinasi lengkap. “Bagi yang memerlukan desinfeksi bisa menghubungi PMI Turen,” tegasnya.

PMI menjadi bagian dari Satgas Covid-19 di Kecamatan Turen. Selain itu, sejumlah anggota Palang Merah Remaja (PMR) turut membantu satuan tugas Covid-19 di sekolah masing-masing. Mereka bertugas memastikan seluruh guru dan siswa menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Meliputi memeriksa suhu badan, memastikan seluruh warga sekolah mengenakan masker dan mencuci tangan. Serta menjaga jarak, di ruang kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. “Mencegah jangan sampai ada klaster sekolah,” tambah Ketua KSR PMI Unit Turen, Adila Romadhan. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar