Pendidikan & Kesehatan

Siapbahagia.com Aplikasi Konseling Antarkan BKKBN Berpredikat VI-WBBM di Era Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Di era pandemi Covid-19, semua pihak harus menyesuaikan diri, begitu pula dengan unit kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Poin pentingnya adalah bagaimana instansi dan unit kerja tetap mampu memberikan pelayanan prima meskipun di ruang gerak yang terbatas dan dibatasi, sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd menyampaikan bahwa Tahun ini (th 2020) merupakan tahun yang cukup berat bagi untuk mengelola program Bangga Kencana di Jawa Timur. Karena sejak Februari sampai dengan saat ini masih dihadapkan pada Pandemi Covid-19.

“Meskipun demikian, kami tidak patah semangat. Selain kita harus mempertahankan prestasi yang telah kami raih, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus bahu-membahu bersama mitra kerja terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayan kepada masyarakat Jawa Timur,” ujar Teguh, Selasa (17/11/2020).

BKKBN Unit Kerja Jatim telah mendapatkan predikat ZI-WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) pada tahun 2019 sebagai wujud komitmen jajaran pimpinan dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, harus ditingkatkan ke WBBM di Lingkungan K/L dan Pemerintah Daerah, Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Untuk itu pun, berbagai program terobosan/inovasi dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Bangga Kencana, antara lain:

1. Bidang Pelayanan KSPK

a. www.siapbahagia.com

2. Bidang Pelayanan KB-KR

a. Wisata KB

b. Pelayanan Cegah Putus Pakai KB

3. Bidang Pelayanan Penduk

a. POPinfo Jatim

4. Bidang Pelayanan ADPIN

a. SIAP KB

b. CoC

c. Ngoper Kanan

5. Bidang Pelayanan Pelatihan dan Pengembangan

a. Studio e-Learning

b. Sekolah e-RB

6. Bidang Pelayanan Kesekertaritan/Dukungan manajemen

a. Presensi Online

b. SIAWAS

c. SIJAKA

d. SUPALA

“Tanpa mengecilkan inovasi lainnya, siapbahagia.com dan Wisata KB merupakan inovasi yang kami andalkan. Karena langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya di era New Normal,” tegas Teguh.

Dari terobosoan yang kami lakukan tersebut, telah menunjukkan hasil yang signifikan, antara lain:

1. Berdasarkan data SR bulan September 2020, CPR T 65,24 R 75,74

2. CPR MKJP T 24,79% R 28,69 %

(bahkan selama momentum WCD agustus-september, realisasi capain target MKJP sebesar 120%)

3. DO KB T 26,82% R11,98%

4. Jumlah Keluarga yang menjangkau pelayanan informasi dan Konseling melalui layanan siapbahagia.com sebanyak 6.824 keluarga.

5. Kepuasan terhadap pelayanan Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, selama pandemi 95% menyatakan bahwa Pelayanan yang diberikan Perw BKKBN Jatim 95% Istimewa (sumber: Aplikasi SIPALA).

6. Juara I Tingkat Nasional ADPIN AWARD Kategori Lini Lapangan.

“Semangat kami adalah mempertahankan apa yang telah Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur peroleh yaitu ZI-WBK, seraya terus berupaya keras untuk mencapai yang lebih baik yaitu ZI-WBBM. Selain itu mewakil Mitra Kerja, yaitu: Pengelola RSUD Sogaten-Madiun, Media, Koalisi Kependudukan dan IBI,” pungkasnya.

Untuk itu, Endy Christian Mahardika, selaku tim Analis Kebijakan MENPAN RB yang menjadi tim asesor ZI-WBBM mengatakan bahwa, program siapbahagia.com merupakan program yang dapat diandalkan dalam penanganan dan pelayanan di era pandemi, terkait itu ia pun memberi apresiasinya.

“Bagi saya, siapbahagia.com merupakan program paling menarik, karena kemanfaatannya di tengah pandemi Covid-19, orang tidak harus datang melakukan konsultasi dan konseling serta lebih terjaga kerahasiaannya,” terang Endy.[adg/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar