Pendidikan & Kesehatan

Shelter Kedua Sentra IKM Kampung Reyog Mulai Beroperasi

Suasana ruangan di shelter kedua, Sentra Industri Kecil dan Menengah. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Operasional shelter kedua, di sentra industri kecil menengah (IKM) Kampung Reyog diresmikan oleh bupati Ipong Muchlissoni. Pembuatan shelter kedua ini, tidak lepas dari meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di bumi reyog. Data terakhir ada 351 orang yang saat ini menjalani isolasi karena positif Covid-19.

“Sementara fasilitas isolasi di rumah sakit rujukan kapasitasnya hanya 100 orang. Sehingga ada 251 orang yang melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Ipong usai meresmikan, Rabu (3/2/2021).

Ipong mengatakan isolasi mandiri itu baik, selama rumahnya memenuhi syarat. Tetapi kalau tidak, malah akan menjadi tempat penularan baru. Sehingga berpotensi menjadi kluster keluarga. Maka dari itu, shelter kedua ini berkapasitas lebih banyak yakni 74 tempat duduk.

“Ya sebenarnya kapasitasnya masih kurang, tetapi mencari lokasi untuk dibuat shelter saja susah. Selain itu juga belum berhitung anggarannya dan banyaknya waktu diperlukan untuk membangun,” katanya.

Dia berharap shelter ini nantinya tidak terisi. Artinya Ipong menginginkam orang bsakit Covid-19 bisa berkurang. Bahkan bisa nol, tidak perlu ke shelter. “Kalau gak terisikan artinya Covid-19 sudah mulai berakhit. Yang menempati shelter ini adalah dengan status tanpa gejala, sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan serius di rumah sakit” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar