Pendidikan & Kesehatan

Sesuai Jadwal, Bojonegoro Akan Terima Vaksin Covid-19 Gelombang Kedua

Proses pengembangan vaksin terdiri dari beberapa tahap, pertama di laboratorium kemudian uji coba pada hewan dan manusia. [Foto: Getty Images/BBC]

Bojonegoro (beritajatim.com) – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin mengatakan, sesuai dengan jadwal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, distribusi vaksin ke Bojonegoro akan dilakukan gelombang kedua.

“Kabupaten Bojonegoro masuk gelombang kedua untuk distribusi vaksin Covid-19, rencana pelaksanaan Februari 2021,” ujar Masirin, (14/1/2021).

Sedangkan, beberapa daerah di Jawa Timur yang pendistribusiannya masuk gelombang satu diantaranya, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Dan jadwal vaksinasi dilakukan hari ini. Pelaksanaan vaksinasi di Jawa Timur dilakukan di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Untuk diketahui, dalam pendistribusian vaksin Covid-19, Pemkab Bojonegoro mendapat alokasi sebanyak 8.786 vaksin. Untuk penyaluran vaksin itu, Tim Gugus Tugas telah menyiapkan cold chain (rantai dingin) untuk menyimpan dan mendistribusikan vaksin kepada penerima.

“Kita sudah siapkan untuk penerima vaksin pada tahap awal sesuai dengan petunjuk pusat,” ungkap Masirin.

Beberapa penerima yang sudah disiapkan pada tahap awal adalah petugas kesehatan dan pendukung di fasilitas pelayanan kesehatan termasuk petugas tracing. Di Bojonegoro tenaga kesehatan yang disiapkan berada di 48 fasilitas kesehatan (faskes) dengan rincian 36 puskesmas, 10 rumah sakit dan dua klinik. [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar