Pendidikan & Kesehatan

Gedung SDN 1 Sumberharjo Rusak Parah

Sering Siswa Terpaksa Sandalan saat Sekolah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kondisi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sumberharjo, Kecamatan Sumbeejo, Kabupaten Bojonegoro yang rusak berat mengganggu proses belajar mengajar. Pihak sekolah berharap agar gedung yang rusak itu mendapat perhatian dan segera dibangun.

Salah seorang guru, Luluk Mahmudah menceritakan, kerusakan gedung sekolah mulai parah terjadi sejak 2015 lalu. Beberapa kali, pihak sekolah mengaku sudah mengajukan kepada pemerintah agar segera dibangun. Namun hingga saat ini belum mendapat tanggapan.

Ada empat ruangan yang saat ini mengalami rusak parah. Empat ruangan itu kelas 4, 5, 6 dan ruangan kantor.
Kondisi empat ruangan tersebut atapnya banyak yang bolong. Lantai keramik mulai terkelupas, hingga tembok yang sudah kusam dan retak-retak.

“Batas dinding kelas 2 dan 3 juga rusak sehingga proses belajar mengajar tidak bisa maksimal,” ujarnya, Kamis (14/2/2019).

Jumlah siswa-siswi SDN Sumberharjo itu sebanyak 70 anak. Jumlah itu termasuk tinggi. Namun kondisi sekolahan kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah. “Kami sudah sering mengajukan bantuan pembangunan kepada Diknas, tetapi sampai hari ini belum ada gambaran untuk pembangunan,” tuturnya.

Para siswa di sekolahan setempat setiap hari sering memakai sandal jepit. Para guru pun memaklumi, karena kondisi lantainya basah. Selain itu akses menuju ke sekolahan juga rusak dan becek, karena dusun Pohkuwung berada di tengah sawah.

“Dusun sini (Pohkuwung Desa Sumberharjo) termasuk dusun terpencil di Kecamatan Sumberejo. Sudah perbatasan Kecamatan Kedungadem juga Kecamatan Kepohbaru. Dari Kecamatan Sumberejo sekitar 30 kilometer,” katanya.

Para guru berharap sekolahan SDN 1 Sumberharjo segera dibangun agar kedepan tidak menghawatirkan, dan mengganggu proses belajar mengajar. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar