Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Serbuan Vaksin, TNI AL Akan Sisir Sejumlah Pulau-Pulau yang Sulit Dijangkau

Lamongan (beritajatim.com) – Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, TNI AL melalui Komando Armada II melakukan Bakti Sosial dalam rangka serbuan vaksinasi untuk masyarakat pesisir maritim, termasuk di kawasan kepulauan yang sulit untuk dijangkau.

Menurut Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H, M.A.P, M.Tr. (Han) yang hadir saat meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi ini menyampaikan, hal tersebut sesuai dengan Perintah Presiden bahwa percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk melawan virus Covid-19.

“Sebagaimana Presiden telah memerintahkan kepada TNI-Polri untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan kegiatan ini serta memenuhi target 1 juta per hari. Target ini harus bisa diraih, dengan dilakukannya vaksinasi maritim inilah kami berupaya terus untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan Gubernur dan Bupati,” ungkap Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto saat berkunjung ke TPI Brondong Lamongan, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut, sementara pelaksanaan serbuan vaksinasi saat ini dilakukan di 4 kecamatan di Kabupaten Lamongan yang terbagi di 6 lokasi. “Serbuan vaksinasi kali menggunakan vaksin Sinovac untuk menghindari kluster Keluarga. Vaksinasi bukan haram dan pelaksanaan prokes juga wajib dilaksanakan,” sambungnya.

Serbuan Vaksinasi ini, lanjut Pangkoarmada II Dr. Iwan Isnurwanto, merupakan ikhtiyar yang hukummya wajib dilaksanakan. Pihaknya juga mengaku untuk terus berkomitmen agar bisa berkontribusi dalam melakukan target percepatan vaksinasi ini.

“Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat. Kami ke depannya siap mendukung tugas-tugas selanjutnya, khususnya akan melakukan vaksinasi di pulau-pulau yang susah dijangkau. Dan kami akan meminta izin kepada Kepala Staf AL agar bisa menggunakan kapal sehingga bisa mensukseskan kegiatan ini. Harapannya semoga kita bisa terbebas dari wabah Covid-19,” tandasnya

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan, bahwa langkah ini harus dilakukan dengan menyatukan gerak langkah agar bisa benar-benar memastikan percepatan vaksinasi ini berjalan tepat dan lancar. “Harus bersatu padu dan menyatukan gerak langkah. Dengan gotong royong dari seluruh elemen strategis. Termasuk didalamnya kalau menggunakan Penta-Helix Approach adalah media,” tutur Khofifah.

Lebih jauh, Khofifah juga mengucapkan terimakasih kepada Komando Armada II, khususnya Pankoarmada II, Iwan Isnurwanto karena sudah menyisir masyarakat di pesisir dan kepulauan, termasuk di Pulai sapeken.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Pangkoarmada sudah melakukan penyisiran masyarakat maritim dan kepulauan. Karena titik-titik ini tidak mudah dijangkau. Ini sinergitas yang luar biasa dalam melakukan percepatan vaksinasi,” ujar Bu Gubernur.

Terakhir, Gubernur Khofifah juga berharap bahwa secepat mungkin warga jatim bisa divaksin agar terwujud herd immunity sesuai yang telah ditargetkan. “Tentu kita semua berharap terwujudnya herd immunity 70 persen, dan warga Jatim bisa divaksin secepat mungkin. Kami ingin berkomitmen dan membangun semangat bersama bahwa bulan depan pada HUT RI kita sudah bisa mencapai target itu. Semoga HUT RI menjadi penguat semangat kita agar terbebas dari pandemi Covid -19,” Pungkasnya.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar