Pendidikan & Kesehatan

Seragam Gratis Rp 30 Miliar, Dewan Belum Terima Juknis

Ketua Komisi D DPRD Jombang Syarif Hidayatullah

Jombang (beritajatim.com) – Program seragam gratis untuk murid SD/MI dan SMP/MTs yang dianggarkan Pemkab Jombang melalui APBD terus dimatangkan. Program tersebut menelan anggaran sebesar Rp 30 Miliar yang dirogoh dari APBD 2019.

Meski sudah satu kali melakukan hearing (dengar pendapat) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat, namun hingga saat ini Komisi D DPRD Jombang belum menerima juknis (petunjuk teknis) pelaksanaan program tersebut. “Rencananya, minggu depan kita kembali memanggil Dikbud untuk hearing,” kata Ketua Komisi D DPRD Jombang Syarif Hidayatullah ketika dikonfirmasi, Jumat (1/2/2019).

Gus Sentot, sapaan akrab Syarif Hidayatullah mengatakan, hingga saat ini belum ada kepastian terkait juknis pengadaan seragam gratis tersebut. Namun, dalam hearing pertama, pengadaan seragam gratis ini akan dilakukan lelang oleh Pemkab Jombang.

“Karena mekanisme lelang, maka harus mempertimbangkan kepentingan lokal. Semangatnya adalah mengangkat perekonomian masyarakat lokal. Dalam hal ini adalah kabupaten Jombang. Jadi siapapun pemenanganya dalam lelang nanti, harus menggandeng pengusaha konveksi lokal,” kata anggota dewan dari Partai Demokrat ini.

Diketahui, Pemkab Jombang akan memberikan seragam gratis untuk murid SD/MI dan SMP/MTs. Berdasarkan data sementara Dinas Pendidikan dan kebudayaan ada sekitar 11.992 siswa dari SDN (Sekolah Dasar Negeri) dan sebanyak 9.766 siswa dari SD swasta dan MI/MIN yang akan menerima bantuan seragam.

Untuk siswa SMP jumlahnya mencapai 10.083 siswa. Sedangkan MTs (Madrasah Tsanawiyah) negeri/swasta jumlahnya sekitar 14.294 siswa. Total keseluruhan mencapai 46.135 siswa yang akan menerima seragam gratis itu. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar