Pendidikan & Kesehatan

September, Pembelajaran Tatap Muka SMP dan SD Dimulai

Sumenep (beritajatim.com) – Kegiatan belajar mengajar dengan sistem tatap muka bagi siswa SMP dan SD, direncanakan dimulai pada September 2020.

“Pengaktifan pembelajaran tatap muka itu rencananya untuk siswa SMP kelas 1-3, dan untuk SD hanya kelas 4-6,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Carto, Minggu (23/08/2020).

Ia menjelaskan, untuk siswa SD, pembelajaran dengan sistem tatap muka dilakukan secara bertahap. Setelah siswa kelas 4-6 pada September, maka untuk siswa kelas 1-3, pembelajaran tatap muka akan dimulai pada Oktober 2020.

“Pelaksanaan pembelajaran tatap muka itu tentu saja perlu kesiapan sekolah, terutama fasilitas untuk pemenuhan protokol kesehatan. Nanti pasti kami evaluasi,” ujarnya.

Ia memaparkan, untuk tahap awal pembelajaran dengan sistem tatap muka, ada beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh sekolah. Diantaranya jumlah siswa yang belajar di kelas, serta durasi jam pelajaran.

“Jadi semua harua diatur dan dibatasi. Tidak bisa seperti saat sebelum pandemi. Selama satu bulan pertana diatur dan dievaluasi sebagai upaya adaptasi kebiasaan baru atau new normal,” terangnya.

Carto menambahkan, rencana mengaktifkan kembali pembelajaran tatap muka karena berdasarkan keputusan bersama empat menteri beberapa bulan lalu telah direvisi.

“Kalau dulu kan yang bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka hanya di zona hijau. Sekarang zona kuning sudah bisa,” imbuhnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar