Pendidikan & Kesehatan

Separuh Nilai UNBK SMA Sederajat di Pamekasan Mengecewakan

Pamekasan (beritajatim.com) – Nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Pamekasan, sangat mengecewakan karena banyak hasil peserta di bawah angka 55.

Kondisi tersebut tentunya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi seluruh sekolah, khususnya bagi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, wilayah Pamekasan. Terlebih sekitar separuh dari total peserta mendapatkan nilai di bawah rata-rata.

“Banyak nilai peserta UNBK tahun ini berada di bawah rata-rata, hal ini tentunya menjadi PR bagi tenaga pendidik,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Pamekasan, Slamet Goestiantoko, Sabtu (18/5/2019).

Namun pihaknya mengklaim banyaknya peserta yang mendapat nilai di bawah angka 55, jumlahnya berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. “Hasil ini akan kita jadikan evaluasi kedepan, namun jumlahnya berkurang dibandingkan tahun lalu,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana untuk segera melakukan berbagai langkah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. “Salah satu di antaranya kita nanti lakukan pemetaan-pemetaan,” jelasnya.

Berdasarkan keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 007/P/BSNP/XI/2018 untuk POS UN yang masuk dalam kategori nilai sangat baik adalah lebih dari 85 dan lebih besar atau sama dengan 100.

Sementara untuk kategori baik lebih dari 70 atau lebih besar atau sama dengan 85, sedangkan untuk kategori cukup nilai lebih besar dari 55 dan lebih besar atau sama dengan 70 dan kurang. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar