Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Separuh Anggota Satgas Pencegahan Kekerasan Seksual Unej Diisi Mahasiswa

Linda Dwi Eriyanti, Ketua Pusat Studi Gender UNEJ

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember tengah membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual sesuai mandat Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021.

“Universitas Jember sudah menyerahkan nama-nama calon anggota Panitia Seleksi atau Pansel kepada Kemendikbudristek,” kata Linda Dwi Eriyanti, Ketua Pusat Studi Gender Universitas Jember, sebagaimana dilansir Humas Unej, Sabtu (11/6/2022).

Panitia seleksi ini yang akan bertugas membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di masing-masing kampus. “Targetnya pada Oktober 2022 seluruh perguruan tinggi di Indonesia sudah memiliki Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual,” tutur Linda.


Menurut Linda, 50 persen anggota Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual berasal dari kalangan mahasiswa/ Sisanya berasal dari unsur dosen dan tenaga kependidikan. Tugas satgas ini menyusun program pencegahan, membuat pedoman tata kelola dan tata kerja organisasi yang dapat meminimalkan kekerasan seksual, sosialisasi, advokasi, hingga pendampingan bagi korban kekerasan seksual.

Pusat Studi Gender (PSG) Universitas Jember menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan seksual dengan mengadakan jalan santai yang melibatkan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta warga seputar kampus, Sabtu (11/6/2022).

Para mahasiswa dan pegiat PSG Universitas Jember menyuarakan pesan-pesan anti kekerasan seksual. Mereka membawa poster yang berisi informasi bentuk-bentuk pelecehan seksual, ajakan melawan kekerasan seksual serta advokasi bagi korbannya.

Universitas Jember sendiri telah menerbitkan Peraturan Rektor Universitas Jember Nomor 4 tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Universitas Jember. Peraturan rektor ini adalah bentuk pelaksanaan dari Permendikbudristek nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar