Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Seorang Pilot Diangkat Jadi Dosen Luar Biasa di Fakultas Kedokteran Unej, Ini Nasihatnya

Pilot dan Pengusaha penerbangan nasional, Sigit H. Samsu memberikan materi di Fakultas Kedokteran Universitas Jember,

Jember (beritajatim.com) – Sigit H. Samsu, seorang pilot dan pengusaha bisnis penerbangan, diangkat menjadi dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dia memberikan nasihat humanis kepada dosen dan mahasiswa kedokteran, dalam kuliah umum di aula Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (23/9/2022).

“Secanggih apapun alatnya, maka keputusan penting tetap ada di tangan pilot atau dokter. Sebagus apapun alat yang dipakai maka tetap saja personal touch kepada pasien yang akan memberikan perbedaan antara satu dokter dengan dokter yang lain,” kata Sigit, sebagaimana dilansir Humas Unej.

Sigit menyebutkan tiga prinsip yang harus dimiliki dokter. “Love, care and tender,” kata Direktur Utama PT. Berkah Maju Sejahtera (BMS) yang ikut berperan dalam pendirian FK Unej ini.

Menurut Sigit, kemajuan teknologi wajib dibarengi dengan kemampuan untuk beradaptasi dengan segala kondisi. “Jika tidak, maka kita akan tergerus oleh jaman,” kata pilot yang telah mengantongi 11 ribu jam terbang ini.

Sigit menegaskan, peran manusia masih sangatlah menentukan. Peran sebagai pilot maupun dokter tidak akan tergantikan oleh mesin secanggih apapun. Oleh karena itu profesi pilot maupun dokter dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan diri dan mampu beradaptasi dalam kondisi apapun.

Kendati bukan dokter, Sigit diangkat menjadi dosen luar biasa di FK Unej bersama Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp. BS (K), mantan anggota tim dokter kepresidenan di era Presiden Soeharto. “Pengangkatan Bapak Sigit H. Samsu dan Profesor Satyanegara sebagai dosen luar biasa diharapkan akan mendukung visi, misi dan program kerja FK Universitas Jember sebagai pusat keunggulan agromedis di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Dekan FK Universitas Jember Supangat. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev